Senin, 18 Juni 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Desa Katur Dirikan BUMDesMart

Editor: nugroho
Sabtu, 30 Desember 2017
edi supraeko
LAUNCHING : Kades Katur, Sukono bersama perwakilan DPMD, Muspika Gayam, dan pengurus BUMDes Jaya Makmur memotong pita.

SuaraBanyuurip.com - Edi Supraeko

Bojonegoro - Pemerintah Desa (Pemdes) Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, melakukan peresmian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jaya Makmur di balai desa setempat, Sabtu (30/12/2017)

Hadir dalam acara Kepala Desa Katur,Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten  Bojonegoro,Perangkat Desa, BPD, RT,RW,Tokoh masyarakat,PKK,Karang Taruna,Muspika Kecamatan Gayam, perwakilan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), perwakilan  BNI Cabang Bojonegoro, serta perwakilan pendamping BUMDes PT. Mitra  BUMDes Bojonegoro.

Kepala Desa Katur, Sukono menyampaikan BUMDes yang dibentuk ini sesuai kebutuhan masyarakat sekitar Desa Katur. Dengan membentuk toko masyarakat (BUMDesMart) seperti halnya untuk pembelian kebutuhan pokok, dan kebutuhan pertanian dapat dibeli masyarakat di sini.

“Insyaallah kedepannya bisa untuk melayani pembelian tiket umroh, pembuatan rekening, dan pembayaran sepedah motor,” jelasnya.

Sukono menegaskan bahwasannya BUMDes yang terbentuk ini merupakan badan usaha milik masyarakat bersama sehingga bisa dikelola oleh masyarakat secara bersama-sama.

“Kami harapkan saran dan masukan dari masyarakat guna upengembangan BUMDes agar menjadi lebih baik dan  memberikan manfaat dan kemudahan bagi masyarakat,” pesannya.

Ketua BUMDes Katur, Abdul Rohman berharap dengan diresmikannya BUMDes ini menjadikan Desa Katur lebih maju. Karena tujuan dari didirikannya BUMDes ini untuk mempermudah dan menyediakan kebutuhan masyarakat, baik dari kebutuhan pertanian maupun kebutuhan ekonomi lainnya.

“Karena itu semua harus saling mendukung dari semua pihak baik pemerintah desa maupun dari masyarakat,” harap Abdul Rohman.

Perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bojonegoro, Muhajir mengapresiasi pendirian BUMDes dengan pembentukan toko masyarakat (BUMDesMart), dan ini merupakan satu satunya BUMDes yang mengelola toko masyarakat di Kabupaten Bojonegoro.

“Ini merupakan Desa yang ke-8 di Kabupaten Bojonegoro  yang sudah melaunching BUMDes”, pungkasnya.

Sementara itu, Perwakilan EMCL, Hasti mengucapkan selamat atas dilaunching nya BUMDes Katur Jaya Makmur. Dengan diresmikannya BUMDes ini diharapkan bisa meningkatkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat khususnya di sekitar wilayah operasi migas Banyu urip Blok Cepu dan tentunya bisa bersinergi  dengan Koperasi Pengembangan Agrobisnis (KPA) Makmur Sejahtera Desa Katur yang merupakan program binaan EMCL yang berada di Desa Katur.

“Semoga membawa kemudahan dan  berkah serta bermanfaat untuk masyarakat desa sekitar,” ucap Hasti.

Perwakilan pihak BNI Cabang Bojonegoro, Arman optimis dengan terbentuknya BUMDes bisa membangkitkan perekonomian masyarakat, serta menumbuhkan jiwa pengusaha.

“Kami selaku pihak BUMN mendukung dengan program pemerintah seperti kartu tani, bansos PKH, perhutangan sosial, dan lain sebagainya, selain itu menyalurkan dana kredit usaha rakyat dengan bunga 9% per tahun, sedangkan pada tahun  2018 bunga 7% pertahun,” sambung Arman.

Di akhir acara dilakukan pemotongan pita secara bersama-sama oleh Kepala Desa Katur yang didampingi oleh Ketua BUMDes beserta anggotanya sebagai tanda bahwa BUMDes Katur Jaya Makmur (BUMDesMart) telah resmi di buka.(edi)

Dibaca : 817x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan