Senin, 25 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Desa Kunci Jadi Prioritas Pembangunan Bandar Udara

Editor: nugroho
Sabtu, 25 Juni 2011
1
Dwi

SuaraBanyuurip.com - D Suko Nugroho

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur akhirnya menetapkan Desa Kunci, Kecamatan Dander, sebagai prioritas pembangunan lapangan terbang (Lapter) khusus untuk menunjang kegiatan industri migas Blok Cepu. Kepastian itu diperoleh setelah dilakukan study kelayakan yang dilakukan CV. Tata Guna Matra.

Hasil study yang dilakukan, Desa Kunci dinilai memiliki beberapa kelebihan ketimbang dua wilayah lainnya yang sebelumnya juga direncanakan sebagai lokasi lapter yakni Kecamatan Ngasem dan Desa Gayam. Diantaranya, lokasi di Desa Kunci merupakan tanah Perhutani yang sudah rusak dan ditanami tanaman semusim. Selain itu, lokasinya jauh dari pemukiman warga, serta tanahnya rata dan sedang sehingga pengaturan sistem drainase mudah.

Pembangunan lapter ini akan menggunakan lahan Perhutani seluas 120 hektare (ha). Sebab Bandar udara itu nantinya memiliki panjang dasar runway sekitar 1.200 meter dan panjang runway terkoreksi 1.500 meter dengan lebar 30 meter.

”Di desa itu, arah runway timur ke barat dan dekat dengan jalan provinsi Bojonegoro-Nganjuk,” kata konsultan CV. Tata Guna Matra, EH Muljanto.

Meski demikian, ada beberapa kendala bila lokasi bandar udara di bangun di Desa Kunci. Yaitu sebelah selatan berdekatan dengan ruang udara militer Iswahyudi, Madiun, dan di sebelah utara dekat dengan jaringan sutet dan di sebelah barat terdapat bukit.

”Tapi lokasi ini (Desa Kunci) memiliki kendala paling minim bila dibanding dua lokasi alternatif yang ditawarkan sebelumnya wilayah (Kecamatan Ngasem dan Desa Gayam),” sergahnya.

Sedangkan bila lapter di bangun di Ngasem, jelas dia, memiliki beberapa masalah di antaranya dekat dengan lapangan minyak Alas Tuwo Barat di Desa Ngasem Kecamatan Ngasem. Dan lokasi Desa Gayam juga di Kecamatan Ngasem terdapat banyak kelemahan seperti banyak dijumpai menara telepon selular. Selain itu lokasi tanahnya lembah dan berbukit. 

 

Dibaca : 2304x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan