Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Di Jerman, RS Pemerintah Lebih Berkualitas

Editor: nugroho
Rabu, 11 November 2015
totok martono
SHARING : Perwakilan RS Jerman saat melakukan dialog dengan Sekkab Lamongan.

SuaraBanyuurip.com - Totok Lamongan

Lamongan - Di Negara Jerman, infrastruktur dan pelayanan kesehatan yang dibangun pemerintah  lebih baik dibanding milik swasta. Namun demikian, petugas kesehatan di sana masih secara rutin melakukan sosialisasi pencegehan penyakit.

Hal itulah di antara yang disharing Prof. Dr. Ch. B Lumenta, MD., PhD, dari Neurological Surgery dan Chairman of Neurosurgery Bogenhausen  and Schwabing Academic Teaching Hospital Technical University di Munich, Jerman dalam visitasinya di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan.

“Di sana fasilitas dan pelayanan kesehatan milik pemerintah jauh lebih baik dibanding swasta,” kata B Lumenta saat beraudiensi dengan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lamongan Yuhronur Efendi, Rabu (11/11/2015).

Lumenta mengungkapkan,  di Jerman, penyampaian informasi mengenai gejala penyakit terus dilakukan secara periodik. Meski infrastruktur kesehatan di sana sudah sangat bagus.

“Pencegahan sangat penting. Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan juga sangat besar,” tegas Lumenta.

Dia menilai ada kebalikan kondisi rumah sakit di Indonesia dan Jerman. Jika di Indonesia yang maju dan kaya adalah rumah sakit swasta. Sedangkan di Jerman rumah sakit milik pemerintah lebih maju dan kaya.

Karena itu, menurut dia, dibutuhkan kemauan politik untuk mengubah sejumlah regulasi. Termasuk regulasi dalam aturan asuransi kesehatan yang belum bisa memberi keuntungan untuk tindakan bedah saraf.

“Rumah sakit negeri maupun swasta di sini bisa menyediakan fasilitas pengobatan saraf, seperti CT Scan dan MRI yang akan sangat bermanfaat. Karena selain akan meningkatkan pelayanan bagi pasien, juga bisa mengurangi rujukan ke RSUD dr Soetomo Surabaya,” saran Lumenta.

Menanggapi hal itu, Sekkab Yuhronur Efendi menyambut saran tersebut. Dia berharap kedepan bisa terjalin kemitraan, baik dengan Prof Lumenta, maupun dengan SNei untuk memberikan edukasi bagi masyarakat awam.(tok)

 

 

Dibaca : 608x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan