Jum'at, 22 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Di Tuban Harga Cabe Tembus Rp60 ribu/kg

Editor: nugroho
Jum'at, 04 April 2014
edy purnomo
MAHAL : Salah satu pedagang cabe di Pasar Baru Tuban sepi pembeli karena mahalnya harga cabe.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Sudah lebih dari satu bulan, harga cabe rawit di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, masih mahal. Saat ini harga si pedas tersebut masih berkisar antara Rp60 ribu per kilogramnya.

Akibat mahalnya cabe para pedagang mulai kesulitan menjajakan dagangannya. Karena sejumlah kebutuhan bumbu dapur sudah relatif stabil selama dua minggu terakhir.

"Sulit jual mas, lah yang lain sudah turun tapi harga cabe ini masih saja mahal," jelas Kasmo (44), salah satu pedagan di Pasar Baru, Jalan Gajah Mada, Tuban, , Jumat (4/4/2014)..

Informasi yang dihimpun suarabanyuurip.com, kalau harga cabe selain jenis cabai rawit sudah turun drastis. Saat ini, satu kilogram cabe keriting hanya berkisar 10 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya cabai ini tembus hingga 20 ribu per kilogram. Harga ini juga berlaku untuk jenis cabe lain, yaitu cabe hijau.

Masih mahalnya harga cabe rawit ternyata berpengaruh pada omset penjualan. Kalau rata-rata pedagang bisa menjual cabe rawit 50 kilogram dalam satu hari, sekarang omset penjualan mereka tidak lebih dari 10 kilogram per hari. Mereka lebih memilih untuk membeli jenis cabe lain. Yang mana sekarang harganya sudah relatif stabil.

Hal inilah yang menjadi alasan bagi para pedagang untuk mengurangsi stok cabe rawit."Mending beli yang lain saja, kalau cabe rawit mahalnya minta ampun," kata Qomariah (24), salah satu Ibu rumah tangga beralasan.

Selain cabe, pedagang mengatakan kalau harga sayur-sayuran sekarang sudah relatif stabil. Termurah adalah harga tomat yang hanya sekitar Rp3 ribu per kilogramnya. Begitu juga dengan jenis sayuran lain.

"Tidak tahu kenapa kok cabe rawit sangat mahal," kata Sutomo, pedagang lain menerangkan.(edp)

Dibaca : 696x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan