Jum'at, 19 Januari 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Dipastikan Hujan Lebat Bakal Guyur Tuban

Editor: samian
Senin, 25 Januari 2016

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, memastikan hujan lebat bakal membasahi Bumi Ronggolawe (sebutan Tuban-red) selama tiga hari kedepan.

Hal tersebut sesuai prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatim, menyebutkan penyebab hujan lebat karena terdapat daerah tekanan rendah di Samudra Hindia di sebelah Barat Daya Lampung.

"Hujan akan berlangsung lama tiga hari kedepan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tuban, Syaefudin, kepada Suarabanyuurip.com, ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/01/2016).

Selain itu, terjadi konvergensi memanjang dari Laut Aru hingga Maluku, dan dari laut Banda hingga perairan Selatan Jawa. Kecepatan angin juga melambat di selat Makasar, Jawa bagian Barat, dan Timur serta Papua barat.

Kelembaban udara tinggi juga terjadi hampir di seluruh wilayah Indoensia. Kondisi serupa mendukung proses pertumbuhan awan Kolomunimbus di wilayah setempat.

"Awan tersebut menyebabkan hujan lebat dan gelombang laut tinggi," jelasnya.

Beberapa daerah yang berpotensi hujan lebat meliputi, seluruh wilayah Jawa Timur, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Bagian Utara, dan Papua Barat.

Selain itu, beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir meliputi, Bangka Belitung, Jabotabek, Jawa Barat, dan Maluku. Perubahan cuaca tak menentu tersebut juga berpengaruh terhadap gelombang di Laut Utara Tuban.

"Puncak gelombang tinggi terjadi tanggal 28 Januari 2016," tambahnya.

Saat ini, gelombang di tepi Pantai masih terbilang normal, sedangkan gelombang di perairan di atas 12 mil sudah mencapai 1,3 meter.

"Nelayan harus waspada gelombang tersebut," ujarnya.

Pihaknya meminta nelayan yang melaut menggunakan perahu dibawah 10 Gross Ton (GT), untuk waspada sekaligus mempersiapkan segala perlengkapan keselamatan diri.

"Sebelum melaut wajib mengupdate berita cuaca terlebih dahulu," pungkasnya. (Aim)

Dibaca : 458x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan