Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Diprediksi Laut Jawa Terjadi Gelombang Tinggi

Editor: nugroho
Selasa, 09 Juli 2013
gettyimages
Ilustrasi

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Gelombang tinggi diperkirakan akan melanda perairan laut utara di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan seluruh laut jawa sela dua hari terakhir.

Prakiraan itu disampaikan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) seperti yang dikutip Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiyono. Dia menyebut, kondisi gelombang di perairan laut jawa saat ini bisa dikatagorikan tinggi dengan ketinggian gelombang antara 1,3 meter sampai dengan 2,5 meter.

"Info dari BMKG itu sudah kategori tinggi," kata Joko Ludiyono kepada SuaraBanyuurip.com, Selasa (9/7/2013).

Pantauan di perairan Tuban, meski cuaca dalam keadaan cerah hingga siang ini, tapi gelombang tinggi terlihat diperairan bumi Ronggolawe. Beberapa perahu nelayan terlihat bersandar di sejumlah titik penambatan pantai yang ada dikawasan Gerdu Laut. Tuban.

"Ombak besar, berhenti dulu mas," timpal Karlin (29), salah satu nelayan di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota, Tuban.

Nelayan memperkirakan berhenti melaut dengan waktu yang cukup lama. Itu didasarkan pada pergantian musim yang saat ini tidak menentu, serta berdasar pada beberapa hitungan lain yang berkembang ditengah mereka.

"Belum tahu mas, yang jelas tidak cukup kalau hanya dua hari saja," tambah Karlin.

Diketahui, nelayan saat ini lebih memilih untuk beristirahat dan tidak melaut. Terkadang mereka mencari hasil laut yang ada dipinggir pantai saja. Seperti beberapa jenis kerang dan ikan yang memang habitatnya berada dipinggiran laut.(edp)

Dibaca : 2392x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan