Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Diprediksi Muncul OKB Sekitar Proyek JTB

Editor: nugroho
Selasa, 01 Juli 2014

SuaraBanyuurip.com - Athok Moch Nur Rozaqy

 

Bojonegoro- Dimulainya pembebasan lahan proyek Unitisasi Gas Lapangan Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang berpusat di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur diprediksi akan banyak bermunculan orang kaya baru (OKB). Yakni para pemilik lahan yang tanahnya terkena pembebasan oleh operator, Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC).

Hal itu seperti yang terjadi di sekitar proyek Banyuurip, Blok Cepu beberapa tahun silam. Dimana pada waktu itu, operator migas Blok Cepu, Mobil Cepu Limited (MCL) membeli lahan milik warga seharga Rp80 ribu meter per segi.

Harga itu dipastikan akan naik pada pembebasan lahan di proyek JTB. Sebab nilai jual objek pajak (NOJB) selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

 "Bisa jadi akan seperti itu, sama seperti di daerah sini," kata Sutrisno, warga Bonorejo, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro kepada suarabanyuurip.com, Selasa (1/7/2014).

Desa Bonorejo merupakan salah satu desa ring 1 Blok Cepu, yang beberapa tahun silam masuk dalam wilayah pembebasan lahan untuk pengembangan lapangan minyak Banyuurip.

Menurut dia, dengan dibebaskannya lahan untuk proyek warga akan menerima uang dalam jumlah yang besar. Meski begitu, tergantung bagaimana yang bersangkutan bisa memanfaatkannya.

"Terserah yang punya, mau dibelikan lahan lagi atau barang,"imbuhnya.

Dia menyarankan, agar sebaiknya warga tidak menggunakannya untuk kebutuhan konsumtif. Semisal membelikan barang yang sekiranya diluar kemampuan atau dibutuhkan. seperti mobil atau barang yang lain.

"Harus bisa mengukur kemampuannya," pesan Sutrisno.

Tidak hanya itu saja, sebelumnya dia juga menyarankan agar pemuda sekitar proyek JTB lebih pro aktif dalam menyambut proyek dengan mengikuti pelatihan yang bersifat skill (keterampilan). Tujuannya agar pemuda di sana lebih siap bersaing di bursa kerja dibanding warga sekitar Banyuurip.

"Proyek di sini harus banyak dijadikan belajar," saran Sutrisno.(roz)  

 

Dibaca : 946x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan