Jum'at, 17 Agustus 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Dishutbun Bojonegoro Bagikan Bibit Gratis

Editor: nugroho
Selasa, 25 Desember 2012

SuaraBanyuurip.com - Ririn W

Bojonegoro - Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur membagikan bibit pohon beraneka jenis secara gratis kepada masyarakat. Pembagian itu dalam rangka mewujudkan program 1 Milyar Pohon di Bojonegoro.

Kepala Dishutbun Bojonegoro, Achmad Jupari, mengatakan, pihaknya telah mengumumkan pemberian bibit-bibit gratis ini melalui media cetak maupun media elektronik agar masyarakat luas mengetahui. Bibit itu dapat diambil di Kantor Dishutbun di Jalan Patimura secara cuma-cuma untuk ditanam di lingkungan masing-masing, terutama bagi masyarakat yang dekat dengan industri migas.

"Kalau perorangan bisa membawa foto kopi identitas diri atau KTP, dan bisa membawa lima sampai sepuluh bibit tanaman. Sedangkan untuk lembaga atau perkantoran cukup memberikan surat keterangan dari kepala desa atau kepala dinas masing-masing," jelas Jupari, Selasa(25/12/2012).

Jenis bibit yang dibagikan, menurut dia, beraneka ragam. Diantaranya bibit buah-buahan seperti durian, nangka, rambutan, mangga dan sebagainya. Sedang bibit lainnya lebih pada penghijauan yaitu bibit mahoni, palem, tanjung, jati dan bibit pohon akasia.

"Banyak sekali macamnya, mau ambil berapa saja silahkan. Asalkan penanamannya berada di Bojonegoro. Karena ini juga untuk penghijauan, mengingat suhu udara saat ini sangat panas sekali,"ucap mantan Kepala Bagian Pembangunan ini promosi.

Jupari mengungkapkan, suhu cuaca yang sangat panas saat ini dipengaruhi beberapa faktor yaitu penggundulan hutan, kurangnya penghijauan disebagian kota, serta banyaknya bangunan baru yang berdiri yang tidak disertai dengan tanaman rindang.

"Dan bisa jadi adanya pengeboran minyak di Bojonegoro menjadi penyebab panasnya cuaca. Maka dari itu saya menghimbau seluruh masyarakat ikut serta melestarikan lingkungan dengan penghijauan," tegasnya.

Jupari menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dishutbun gencar melakukan penghijuan ini agar manfaat positif juga dirasakan masyarakat sendiri. Dalam kegiatan ini tak ada biaya yang dikeluarkan dalam penyediaan bibit. Karena sudah bekerjasama dengan pihak swasta dan Balai Besar Daerah Aliran Sungai Solo (DASS). (rien)

Dibaca : 1230x
FB
Ada 1 komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Kamis, 12 Juni 2014 21:27
Mohon Info, apakah masih ada program pembagian bibt gratis...? jika masih apa ada bibit jabon...? dimana bisa ambil...
Yudan
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan