Jum'at, 18 Januari 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Dua Faktor Picu Kemiskinan di Tuban Turun 1,56%

Editor: samian
Kamis, 10 Januari 2019
Hidayatul Khoiriyah
Staff Seksi Statistik Sosial BPS Tuban, Septi.

SuaraBanyuurip.comHidayatul Khoiriyah

Tuban - Angka kemiskinan pada 2018 di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) turun sebesar 1,56%. Penurunan tersebut, dipicu oleh turunnya bantuan pemerintah serta meningkatnya konsumsi penduduk.

"Tuban masih peringkat lima termiskin," ujar Staff Seksi Statistik Sosial BPS Tuban, Septi, ketika dikonfirmasi suarabanyuurip.com di kantornya, Rabu (9/1/2019).

Bumi Wali masih berada di peringkat ke lima sebagai kabupaten dengan tingkat kemiskinan tinggi di Jawa Timur, setelah Sampang, Sumenep, Bangkalan, dan Probolinggo.

Data tersebut terhitung pada 2017 terkait angka kemiskinan yang mencapai 16,87% atau 196.100 jiwa, sedangkan 2018 sebesar 15,31% atau 178.640 jiwa.

Kepala Bidang (Kabid) Litbang, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tuban, Umi Hanik, menuturkan adanya penurunan tersebut karena berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan beberapa program dengan menyasar pada masyarakat miskin.

“Semua OPD melakukan program yang sekaligus menyasar warga miskin,” ungkap perempuan ramah itu.

Hal ini menjadikan Tuban berada diperingkat ke empat terbaik di Jawa Timur dalam melakukan penurunan angka kemiskinan. Salah satunya dengan banyaknya invenstasi di Tuban yang ditargetkan dapat menyerap tenaga kerja, sehingga mengurangi angka kemiskinan.

Pengentasan kemiskinan, didekati dengan pola pemberdayaan masyarakat dan diiringi dengan pertumbuhan ekonomi yang merupakan indikator makro kabupaten. Terkait progres kinerja pada 2018 berada di atas target tahunan.

“Kemiskinan sendiri target kita sekitar 15,8 persen, kalau tidak salah, kita bisa melampaui itu,” tutupnya ramah. (hida)

Dibaca : 239x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>