Kamis, 18 Januari 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Dua Kali Tambang Batu Kumbung Palang Longsor

Editor: samian
Jum'at, 12 Januari 2018
Ali Imron
KORBAN NIHIL : Tambang batu kumbung di Kecamatan Palang longsor dua kali.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Di awal tahun 2018, tambang batu kumbung di Desa Leranwetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengalami longsor dua kali. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Tapi reruntuhan mengenai sebuah kandang sapi dan tanaman jagung hingga rusak.

"Tambang yang longsor milik lima orang," ujar Kapolsek Palang, AKP Simun, melalui pesan pendek yang diterima suarabanyuurip.com, Jumat (12/1/2018).

Mereka adalah Sukardi, Reban, Sarminto, Rujianto, dan Agus, yang semuanya berdomisili di Dusun Karangdowo, Desa Leranwetan. Insiden di wilayah lintasan pipa minyak dari Lapangan Banyuurip, Blok Cepu ini diketahui oleh dua orang saksi bernama, Kardi (50) asal Desa Sidonganto, Kecamatan Kerek, dan Wagino (50) asal Desa Klumpit, Kecamatan Soko.

Keterangan saksi, longsor pertama terjadi sekitar pukul 03:00 WIB di tambang milik Rujianto. Kebetulan tambang tradisional tersebut sudah sebulan yang lalu ditinggalkan. Disusul sekitar pukul 10:00 WIB, longsor kedua terjadi ditambang milik Sukardi, Reban, Sarminto, dan Agus yang masih aktif tambangnya.

"Tapi pas hari Jumat tambang sedang libur jadi tidak ada korban jiwa," imbuhnya.

Untuk penyebab longsor, ditengarai bukit kapur di tambang dari bawah dan di atas terdapat jalan yang di lewati oleh para penambang dan mobil dump truk pengangkut hasil tambang. Berhubung tiang penyangga tidak kuat dan musim hujan, sehingga terjadi keretakan dan terus menerus kemasukan air.

"Sehingga tanah labil dan terjadi longsor," terang Simun.

Pasca mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP), petugas langsung mengevakuasi masyarakat yang melihat dan yang tinggal di lokasi longsor ke tempat yang aman. Upaya ini untuk menghindari longsor susulan dan hal tak terduga lainnya.(Aim)

Dibaca : 698x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan