EMCL Bantu Alat Budidaya Jamur Bonggol Jagung Begadon

Rabu, 10 Juli 2019, Dibaca : 642 x Editor : nugroho

Ist
SIMBOLIS : Perwakilan EMCL, Ichwan Arifin menyerahkan bantuan alat kepada ibu-ibu pembudidaya jamur bonggol jagung.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro- Budidaya jamur bonggol jagung yang dilakukan sejumlah ibu rumah tangga di Desa Begadon, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menarik perhatian ExxonMobil Cepu Limited atau EMCL. Operator minyak Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, itu memberikan bantuan peralatan untuk mengembangkan usaha tersebut.

Bantuan alat yang diberikan EMCL diantaranya timbangan, press (pengemasan), dan bahan untuk pembuatan jamur bonggol jagung.

Baca Lainnya :

    "Bantuan yang kita berikan ini untuk menjawab keluh kesah ibu-ibu dalam memproduksi jamur bonggol jagung," ujar perwakilan EMCL, Ichwan Arifin saat menyerahkan bantuan, Rabu (10/7/2019).

    EMCL, lanjut Ichwan, melihat semangat ibu - ibu sangat tinggi dalam budidaya jamur bonggol jagung untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga.

    Baca Lainnya :

      "Ini sejalan dengan program EMCL di bidang pemberdayaan ekonomi," tegasnya.

      Budidaya jamur bonggol jagung yang dilakukan ibu-ibu rumah tangga Desa Begadon ini telah berjalan setahun lebih. Mereka memanfaatkan limbah pertanian di sekitarnya menjadi produk yang memiliki nilai jual.  Selain dijual dalam bentuk jamur, juga olahan seperti krispi, botok, nuget, lumpia dan capcay.

      "Produk yang disajikan ini ternyata rasanya enak. Ini perlu terus dikembangkan," pesan Ichwan usai mencicipi sajian olahan jamur bonggol jagung.   

      Salah satu penerima bantuan, Heti Sunasanti mengucapkan terimakasih kepada EMCL yang sudah memberikan bantuan peralatan kepada ibu-ibu rumah tangga yang membudidaya jamur bonggol jagung.

      "Bantuan ini menjadi penyemangat kami untuk membuat kelompok jamur bonggol jagung. Sehingga kedepab bisa mengembangkan usaha bersama - sama," sambung Heti.

      Senada disampaikan Kepala Dusun Begadon, Hartoyo. Menurut dia, budidaya jamur bonggol jagung ini bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Selain bahan bakunya mudah di dapat, juga banyak peminat.

      "Harapan kami kedepan desa ini bisa menjadi sentra jamur bonggol jagung dan produk-produk olahannya," tegasnya di dampingi Ketua BPD setempat, Winarto.(suko) 



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more