Selasa, 16 Juli 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

EMCL Beri Program Peningkatan Air Bersih di Mojodelik

Editor: nugroho
Rabu, 13 Februari 2019
dok/sbu
Program air bersih yang pernah dilaksanakan EMCL-Spektra. Kali ini program itu akan dilaksanakan di Desa Mojodelik.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Masyarakat Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih pada musim kemarau seperti tahun lalu. Dari pengalaman sebelumnya, setelah musim penghujan berakhir warga di seluruh Kecamatan Gayam mulai kekurangan air karena semua sumur mengering.

Warga ring satu Lapangan Minyak Banyu Urip, Blok Cepu, itu harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk mendapatkan air.  Kondisi itulah yang membuat operator ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan mitranya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Spektra berencana membuat Program Peningkatan Akses Air Bersih. 

Program tersebut berfokus kepada pencarian titik sumber air, pemasangan pipa air bersih, dan revitaslisasi tandon menara air yang sudah lama ada di Dusun Gledekan, Desa Mojodelik.

“Program air bersih ini kita fokuskan di Dusun Gledekan yang sering kekurangan air,” ucap Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu saat sosialisasi program di balai desa setempat, Rabu (13/2/2019).

Menurut Yuntik, kebutuhan air bersih adalah masalah yg perlu diselesaikan bersama. Dukungan dari EMCL ini, kata dia, seperti gayung bersambut. 

“Terima kasih kepada EMCL karena sudah memberikan program ini, karena ini sesuai dengn kebutuhan warga,” ucap kades.

Melalui program peningkatan air bersih, lanjut Kades, harapannya masyarakat berperan aktif dalam setiap kegiatan. Sehingga desa tidak hanya mengandalkan dana dari program.

Perwakilan EMCL, Rifqi Romadhon mengatakan program peningkatan air bersih merupakan wujud komitmen EMCL dalam mendukung Pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Menurutnya, air adalah kebutuhan dasar masyarakat, sehingga keberadaan fasilitas air bersih ini menjadi penting.

“Kami berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Pemerintah Kecamatan, dan Pemerintah Desa agar semua ini terwujud,” tandasnya. 

Sosialisasi ini dihadiri oleh  Kepala desa, perangkat desa, tokoh masyarakaf dan pengurus Himpunan Penduduk Pengguna Air Minum (HIPPAM) Desa Mojodelik. Program ditargetkan tuntas pada pertengahan tahun ini.(rien)

Dibaca : 708x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan