Rabu, 13 Desember 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

EMCL Sertifikatkan Lahan Blok Cepu Bertahap

Editor: samian
Rabu, 06 Desember 2017
dok.EMCL
Lapangan Banyuurip, Blok Cepu di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

Bojonegoro - Operator Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) mengaku, sertifikasi lahan yang digunakan untuk lokasi pembangunan sarana dan fasilitas produksi dilakukan secara bertahap.

"Kami bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melakukan sertifikasi lahan secara bertahap sesuai aturan yang berlaku," ujar Humas dan Juru Bicara EMCL, Rexy Mawardijaya, kepada Suarabanyuurip.com, Rabu (6/12/2017).

Disinggung total luasan lahan yang akan disertfikatkasi, pihaknya belum memberikan jawaban.

Data dari Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Bojonegoro, menyebutkan, EMCL tengah mengajukan sertifikasi untuk Desa Ngraho dan Sudu, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

"Tanah itu rencananya untuk jalur air, tidak disewa namun dibebaskan oleh EMCL," kata Kasi Pengadaan Tanah BPN, Geger Teguh Yuwono.

Selain itu, EMCL juga mengajukan sertifikasi untuk jalur pipa di Desa Kalirejo, Kecamatan Bojonegoro, Desa Wedi, Kecamatan Kapas, Desa Sumbang, Kecamatan Bojonegoro, dan Desa Mulyoagung, Kecamatan Bojonegoro.

Sebelum dilakukan sertifikasi, lahan yang dibebaskan oleh EMCL dipastikan sudah ada transaksi jual beli dengan pemilik aslinya. Selama ini, BPN menjadi mediator dalam transaksi pembebasan di Blok Cepu.

"Setahu kami, untuk transaksi jual beli lahan di Blok Cepu sudah selesai semua. Tinggal mensertifikatkan saja," tegasnya.

Melihat dari penetapan lokasinya, Geger menyampaikan, ada kurang lebih 600 hektar yang dibebaskan untuk fasilitas produksi di Blok Cepu, jumlah tersebut ada di beberapa desa di Kecamatan Gayam. Tapi dalam perjalanannya pasti ada penyesuaian.

"Untuk sertifikasi itu tidak bisa dilakukan berbarengan, karena harus tiap desa," pungkasnya.(rien)

Dibaca : 137x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan