Selasa, 19 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Verifikasi Berkas Lelang TKD Gayam Diundur

Forkomas Ba-Ja Nilai SKK Migas Tak Serius

Editor: nugroho
Jum'at, 24 Juli 2015

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro – Forum Komunikasi Masyarakat Banyuurip – Jambaran (Forkomas Ba-Ja) menilai proses lelang pengadaan tanah kas desa (TKD) Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang dilakukan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) tidak serius.
Sebab, agenda verifikasi kelengkapan persyaratan yang sedianya dilakukan hari ini, Jum’at (24/7/2015), batal dilakukan. Apalagi pembatalan itu tak disertai dengan pemberitahuan resmi kepada peserta yang telah memasukan berkas beberapa waktu lalu.

"Informasi yang saya terima hari ini dilakuka verifikasi berkas. Tapi tiba-tiba diundur tanpa ada pemberitahuan sebelumnya,” kata Ketua Forkomas Ba-Ja, Parmani kepada suarabanyuurip.com.

“Ini membuktikan jika SKK Migas atau operator EMCL tidak bersungguh-sungguh menyelesaikan masalah tukar guling TKD Gayam,” lanjut tokoh masyarakat Desa Brabowan, Kecamatan Gayam itu.

Lelang ini untuk mendapatkan tanah pengganti TKD Gayam seluas 13,2 hektar yang sekarang ini digunakan proyek pengembangan penuh Lapangan Banyuurip. Proses tukar guling TKD Gayam sendiri telah memakan waktu hampir tiga tahun paska disepakatinya enam item masalah sosial ekonomi antara SKK Migas, pemerintah desa, dan Pemkab Bojonegoro.

Karena itu, menurut Parmani, trertundanya penyelesaian tukar guling TKD Gayam ini telah merugikan masyarakat. Sebab masyarakat Gayam telah merelakan lahan pertaniannya untuk digunakan sebagai pengganti TKD Gayam yang telah dimafaatkan untuk kepentingan proyek Banyuurip.

"Kapan dilakukan verifikasi juga belum jelas. Karena  juga tidak ada pemberitahuannya," imbuhnya.

Namun begitu, Parmani, mengaku, secara umum sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh SKK-Migas dan EMCL maupun dinas terkait lain dalam penyelesaian pengadaan TKD Gayam melalui tender.

"Siapapun yang menang tidak masalah. Terpenting fair sesuai dengan aturan ataupun persyaratan yang telah ditentukan,"  pungkas Parmani.

Dikonfirmasi terpisah, Field Public and Government Manager EMCL, Rexy Mawardijaya, mengaku, SKKMigas, EMCL dan Pemerintah Desa Gayam masih berkoordinasi untuk segera melakukan proses selanjutnya terkait tukar guling TKD Gayam. (sam)

Dibaca : 665x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan