Minggu, 17 Februari 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Gadis Tuban Sabet Juara 1 Muda Sabudarta Nasional

Editor: nugroho
Rabu, 06 Februari 2019
Hidayatul Khoriyah
MEMBANGGAKAN : Aulina Umaza saat dinobatkan sebagai juara 1 ajang Muda Sabudarta

SuaraBanyuurip.com - Hidayatul Khoiriyah

Tuban- Gadis Tuban, Jawa Timur, terus mengukir prestasi di tingkat nasional. Kali ini, Aulina Umaza berhasil meraih juara 1 ajang Muda Sadar Budaya dan Pariwisata (Sabudarta) di Universitaa Malang akhir 2018 lalu.

Lina, sapaan akrabnya, mampu menyingkirkan peserta dari berbagai kota di Indonesia. Ia mengusung kearifan lokal berupa biji pisang pidak dan manuskrip Ronggolawe sebagai unggulannya.

"Dari filosofinya, biji pisang pidak tidak bisa tumbuh di mana pun kecuali di Makam Sunan Bonang. Banyak produk kreatif yang dihasilkan biji pisang pidak," paparnya kepada suarabanyuurip.com, Rabu (6/2/2019).

Sedangkan manuskrip Ronggolawe yang ia suguhkan sebagai upaya mengangkat kembali sosok Ronggolawe di Tuban.

"Ini turut berpengaruh menjadi magnet dalam penilaian," ucap gadis yang aktif di seni pertunjukkan teater itu.

Perjuangan Lina tak ringan. Dia harus mondar mandir Kediri-Surabaya-Malang, dan mengatur waktu untuk dapat menyesuaikan jadwal di karantina dan kepentingan pribadinya. 

"Waktu itu lagi ribet mengurus yudisium di Surabaya, kursus bahasa Inggris, dan Muda Sabudarta di Malang," Kenangnya.

Alumni Unesa Sendratasik asal Plumpang itu menambahkan, beberapa tahapan seleksi dari administrasi, video challange tentang kearifan lokal dan ekonomi kreatif daerah, hingga wawancara dan karantina.

Kepala Bidang Kebudayaan  Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban, Sumardi mengapresiasi keberhasilan tersebut karena mampu membawa nama baik Tuban melalui budaya.

"Dari sini akan menjadi pelopor kebudayaan di Tuban sehingga semakin meningkatkan kecintaan terhadap budaya lokal," ujar Sumardi dikonfirmasi terpisah.(hida) 

Dibaca : 333x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>