Kamis, 21 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Gas PT Gasuma Diduga Bocor

Editor: samian
Sabtu, 12 Desember 2015

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Puluhan warga Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, akhir-akhir ini sering mengeluhkan bau tak sedap di lingkungan sekitar pemukiman. Diduga bau tersebut berasal dari limbah, atau kebocoran gas dari PT Gasuma yang terletak di desa setempat.

"Baunya cukup menyengat," kata Kepala Desa Rahayu, Sukisno, kepada Suarabanyuurip.com, ketika dikonfirmasi melaui telepon, Sabtu (12/12/2015).

Bau tidak sedap tersebut sering terjadi di desa setempat, hampir setiap minggu ada bau serupa yang mencemari udara kampung migas sekitar PT Gasuma.

Beberapa kali pihak Pemdes telah menyampaikan keluhan tersebut ke pihak Gasuma, namun sampai sekarang bau masih bersahabat dengan warga sekitar.

"Setiap kali lapor baunya hilang, kemudian beberapa hari lagi tercium kembali," imbuhnya.

Pihaknya menjelaskan, bau tidak tercium serentak, namun menyesuaikan arah mata angin. Ketika kecepatan angin kecil yang mencium bau tidak sedap tersebut hanya warga sekitar Gasuma.

"Kalau arah angin dari Timur, warga bagian barat Rahayu yang protes," ujarnya.

Beruntung, mencuatnya bau tidak sedap yang dirasakan warga tidak sampai memakan korban, namun pihaknya meminta warga segera melaporkan setiap ada gejala lingkungan ke Pemdes.

"Pemdes akan segera meminta tanggungjawab Gasuma," tegasnya.

Terpisah, salah seorang warga, Sukirno, mengeluhkan beberapa hari terakhir bau semakin kuat menyebar. Pihaknya khawatir bau tersebut lama-kelamaan akan berdampak pada kesehatan warga.

"Khawatir kalau anak-anak sampai terganggu pernapasannya," tandasnya. (Aim)

Dibaca : 814x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan