Jum'at, 22 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Festival Bengawan Bojonegoro

Gelar Parade Perahu Hias dan Seribu Lampion

Editor: nugroho
Kamis, 10 September 2015
foto.metrotvnews.com
MERIAH : Warga memadati bibir bengawan menyaksikan parade perahu hias Festival Bengawan Bojonegoro tahun 2014 lalu.

SuaraBanyuurip.com - D Suko Nugroho

Bojonegoro –  Sebanyak 50 an pemilik perahu tradisional telah mendaftarkan diri mengikuti parade perahu hias untuk memeriahkan Fetival Bengawan Bojonegoro dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro (HJB) ke 338 pada 20 September 2015 mendatang. Jumlah tersebut lebih banyak dari kuota yang disediakan panitia sebanyak 30 peserta.

Festival Bengawan Bojonegoro tahun ini, tampaknya, akan lebih semarak. Karena selain jumlah peserta perahu hias meningkat, kegiatan tahunan ini akan dibarengkan dengan Festival Belimbing di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu.

Selain itu, juga akan digelar pawai seribu lampion di sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut. Lampion itu akan dilepas setelah peserta terakhir parade perahu hias diberangkatan sekira pukul 17.00 WIB. Tujuannya agar keindahan nyala lampu lampion dapat dinikmati masyarakat di sepanjang Sungai Bengawan Solo.

"Rencananya ada beberapa jenis lampion yang menghiasi bengawan," kata Koordinator Pawai Lampion Festival Bengawan Bojonegoro, Ramon Pareno. 

Tak hanya itu, sejumlah kegiatan dan perlombaan akan digelar di lokasi pemberangkatan parade perahu hias di Bendung Gerak di Desa Ngringinrejo dan tambangan Banjarsari, Kecamatan Trucuk, atau biasa dikenal dengan sebutan Taman Bengawan Solo (TBS).

“Festival Bengawan Bojonegoro akan digelar selama satu hari. Dalam sehari itu masyarakat dapat menikmati beragam hiburan,” sambung Koordinator Pelaksana Festival Bengawan Bojonegoro, Wahyu Subagdiono.

Rencananya, sebelum Festival Bengawan Bojonegoro dimulai akan dibuka terlebih dahulu dengan Ritual Ider-ider dan Upacara Ritual Uluk Salam Bengawan pada 17 September 2015, pukul 15.00 WIB. Upacara ritual ini akan diikuti oleh sejumlah pejabat teras seperti Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, Hanafi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Amir Syahid.

Mereka akan menumpangi perahu mulai dari Bendungan Gerak menuju Tambangan Ledokkulon kemudian Tambangan Banjarsari dan finish di Kaliketek. Ada sekira empat perahu yang disiapkan.

Perahu pertama akan membawa sesaji termasuk dupa raksasa. Perahu kedua membawa rombongan pejabat teras.Perahu ke tiga membawa rombongan panitia Fetival Bengawan Bojonegoro. Kemudian perahu keempat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro sebagai tim keselamatan.

"Mereka akan memakai pakaian adat Jawa," pungkas Wahyu.(suko)
 

Berikut Rangkaian Kegiatan Festival Bengawan Bojonegoro :
1. Festival Belimbing di Kebun Belimbing, Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu 07.00 - selesai.
2. Pameran "Membaca Jejak Bengawan"di Bendungan Gerak 12.00 - 13.00 WIB.
3. Lomba Renang Nyebrang Nggawan di Bendungan Gerak 08.00 - 09.00 WIB
4. Lomba tangkap bebek di Bendungan gerak 09.00 - 11.00 WIB.
5. Lomba Layang - layang di Bendungan Gerak 11.00 - 15.00 WIB.
6. Lomba Layang - Layang Peren / Aduan di Bendungan Gerak 14.00 - 17.00 WIB.
7. Penataan Perahu Hias di Garis Start Bendungan Gerak 12.00 - 13.00 WIB.
8. Pemberangkatan Parade perahu hias 14.00 - 15.00 WIB.
9. Pelepasan Festival Damar Kurung Apung dengan "Surat Kepada Bengawan" di Tambangan Ledok Kulon (Bungas) 17.00 - 18.00 WIB.
10. Happening Art "Surat Kepada Bengawan" di TBS 18.00 -18.30 WIB.
11. Pelepasan Festival Damar Kurung dari Banjarsari 18.30 - 19.30.
12. Gelar Sastra Bengawan di TBS 18.30 - 21.00 WIB.

 

Dibaca : 965x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan