Rabu, 19 September 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Goa Terawang Akan Dijadikan Geowisata

Editor: nugraha
Sabtu, 12 Oktober 2013
SuaraBanyuurip.com/Ali
AKAN DIKEMBANGKAN : salah satu sudut struktur Geologi di Goa Terawang di Kecamatan Todanan, Blora.

SuaraBanyuurip.com - Ali Musthofa

Blora - Goa Terawang di Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah akan dikembangkan menjadi geowisata dan geopark. Karena goa tersebut memiliki potensi keanegragaman geologi, salah satunya ditemukannya fosil gajah terlengkap dan sejumlah situs termasuk keberadaan sejumlah gua seperti Gua Kidang.

Beberapa waktu lalu Museum Geologi Bandung Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta datang untuk memaparkan konsep pengembangan kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Blora.

Haryadi Rahmat dari Museum Geologi mengemukakan, berbagai daerah di Indonesia memiliki potensi keanekaragaman geologi. Seperti mineral, batuan, fosil, struktur, dan bentang alam yang cukup monumental untuk dimanfaatkan menjadi daerah tujuan wisata beraspek geologi. Namun, pengembangan wisata geologi belum banyak dilakukan karena kurangnya pemahaman pemerintah di daerah.

"Tapi seiring dengan munculnya konsep geowisata dan geopark, pemahaman itu mulai hilang," katanya.

Haryadi menjelaskan, geowisata didefinisikan sebagai pariwisata yang menopang atau meningkatkan karakter geografis lingkungan, budaya, estetika, warisan dan kesejahteraan penduduknya.
Geowisata juga menggabungkan konsep pariwisata berkelanjutan yang tujuannya murni untuk generasi masa depan dengan cara  melindungi karakter tempat.

''Bentuknya dengan mempromosikan konservasi dan memperluasnya ke budaya dan sejarah, seperti halnya semua aset khas dari tempat itu sendiri,'' paparnya.

Adapun geopark, menurut Haryadi,  didefinisikan wilayahnya meliputi satu atau lebih situs penting ilmiah, tidak hanya untuk alasan geologi tetapi juga berdasarkan nilai ekologis, arkeologi maupun nilai budayanya.

Di lokasi goa di Kecamatan Todanan itu, kata Haryadi, memiliki  keunggulan geowisata dan geopark. Seperti penemuan fosil gajah terlengkap, sejumlah situs termasuk keberadaan sejumlah gua seperti Gua Kidang dan Terawang, di Kecamatan Todanan.

"Jika dikembangkan dengan baik dengan konsep  geowisata maupun geopark itu niscaya akan menjadi potensi wisata unggulan," ungkap Haryadi.(ali)

Dibaca : 3211x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan