Senin, 19 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Gus Ipul Canangkan Jatim Sehat di Tuban

Editor: nugroho
Kamis, 16 November 2017
ali imron
PUKUL GONG: Gus Ipul mencanangan Jawa Timur sehat dengan pendekatan keluarga di Alun-alun Tuban.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Wakil Gubernur Saifullah Yusuf mencanangan Jawa Timur sehat dengan pendekatan keluarga di Alun-alun Kabupaten Tuban, Kamis (16/11). Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 39 Tahun 2016, ada 12 indikator Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

“Jika keluarga sehat pada gilirannya nanti akan menjadikan kelurahan, kecamatan, sampai dengan Negara Indonesia menjadi sehat pula,” ujar Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah Yusuf kepada suarabanyuurip.com.

Terbitnya Permenkes tersebut, pemerintah menggalakkan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Tujuannya mewujudkan semua keluarga beserta anggotanya mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif. Mulai promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, serta seluruh anggota masyarakat menjadi anggota JKN.

Saat ini di Indonesia penyakit tidak menular yang memiliki proporsi utama (57% dari total kasus) dalam pelayanan kesehatan. Melihat hal tersebut, Gus Ipul menyatakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) menjadi sebuah pilihan pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Lebih dari itu, saat ini angka kecelakaan lalu lintas juga cukup tinggi. Melalui Public Safety Center (PSC)119, diharapkan menjadi layanan kegawatdaruratan medis melalui nomor 119 yang diselenggarakan 24 jam sehari nonstop.

“Layanan ini dapat diakses secara luas oleh masyarakat melalui telepon seluler maupun telepon rumah,” imbuhnya.

PSC sendiri merupakan amanah dari instruksi Presiden No 4 Tahun 2013, Di Jawa Timur sendiri terdapat 4 (empat) kabupaten/kota yang sudah membentuk PSC. dan salah satunya Kabupaten Tuban. Gus Ipul mengajak seluruh instansi terkait untuk berkomitmen mendukung pelaksanaan Jawa Timur Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

Bupati Tuban,  Fathul Huda mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah memilih Kabupaten Tuban sebagai tempat pencanangan program “Jawa Timur Sehat Melalui Pendekatan Keluarga”.

Melalui program ini diharapkan terjadi peningkatan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat. Terutama bagi setiap orang yang memang merupakan investasi, bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Sesuai dengan Nawa Cita yang kelima Presiden Jokowi berupa meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, dan tertuang pada program Indonesia sehat melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional. Fokus program Indonesia sehat antara lain program Germas (Gerakan Masyrakat Hidup Sehat).

Germas adalah pelibatan lintas sektor dan seluruh aktor pembangunan termasuk masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan, sebagaimana diatur dalam Inpres nomor 1 tahun 2017. Pendekatan kedua adalah keluarga. Pendekatan ini merupakan pelayanan kesehatan yang menjangkau seluruh keluarga, dari semua lapisan masyarakat di wilayah kerja puskesmas.

“Hal tersebut diatur dalam Permenkes 39 tahun 2016, dan terakhir adalah standar pelayanan minimal bidang kesehatan,” jelasnya Bupati.

Pria asal Montong ini berharap seluruh insan pembangunan kesehatan di Kabupaten Tuban dapat melaksanakan ikrar ‘Sambang Wargo Noto Kasarasan’ yang telah di niatkan untuk dijalankan. Sebelum adanya kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Tuban juga telah melaksanakan kegiatan ‘Sambang Deso Notogomo’. (aim)

Dibaca : 389x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan