Selasa, 21 Agustus 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

H-13 Uji Coba Jembatan, H-10 Dibuka untuk Umum

Editor: samian
Selasa, 29 Mei 2018
Ali Imron
CEK JEMBATAN : Kapolres, dan Dishub Tuban mengecek progres perbaikan Jembatan Cincin Widang-Babat.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban- Uji coba jembatan Cincin Widang-Babat bakal dilakukan lebih cepat pada H-13 atau tepatnya tanggal 2 Juni 2018. Sedangkan jembatan nasional penghubung Kabupaten Tuban dan Lamongan, Jawa Timur ini, akan dibuka untuk umum pada H-10 atau tangga 5 Juni mendatang.

"Kami pastikan jembatan Widang bisa dilalui saat lebaran," ujar Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, kepada Suarabanyuurip.com, usai mengecek progres pembangunan jembatan, Senin (29/5/2018).

Kapolres kelahiran Bojonegoro ini, meminta Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya, Satlantas dan Dishub Tuban berkoordinasi dulu sebelum pengujian jembatan Cincin yang dibangun kisaran tahun 1978 ini. Diharapkan kendaraan yang melintas pertama, tonasenya disesuikan dengan kemampuan konstruksi jembatan bentang ketiga.

Nanang menjelaskan, minimal kendaraan yang pertama melintas dengan berat 13 ton. Dengan waktu uji coba tiga hari, dipastikan tanggal 5 Juni masyarakat dari arah Lamongan ke Tuban dapat melewati jembatan tersebut.

"Pak Kapolda Jatim juga sudah komitmen tanggal 5 Juni jembatan Widang bisa dilalui," terangnya.

Nanang mengapresiasi kerja cepat dari kontraktor jembatan Widang, PT Brantas Abipraya persero. Atas dukungan semua stakeholder, mereka bisa menyelesaikan perbaikan sebelum waktu yang ditentukan.

Sebatas diketahui, sisa rangka jembatan yang tenggelam di Sungai Bengawan Solo, sudah diangkat dari Tempat Kejadian Perkara (TKP). Barang Bukti (BB) tersebut masih diselidiki polisi, untuk mengetahui penyebab pasti ambruknya jembatan.

Perbaikan jembatan nasional ini menyerap dana sebesar Rp10 sampai Rp12 miliar. Anggaran tersebut sifatnya darurat, yang memang disiapkan oleh Kementerian PUPR untuk menangani proyek urgen.

Dana darurat ini berasal dari dirjen-dirjen di Kementerian PUPR, yang memiliki alokasi dana tersebut. Oleh karena itu, perbaikan ini ditarget rampung dalam 49 hari tanpa terkendala biaya. (Aim)

Dibaca : 3271x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan