Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Hadirkan Rumah Pintar dan Gerai UMKM di Kota Semarang

Editor: samian
Selasa, 30 Oktober 2018
Ali Imron
Peresmian Rumah Pintar dan Gerai UMKM di Kota Semarang program CSR Petronas-SKK Migas.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Semarang- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jawa Bali, Nusa Tenggara (Jabanusa) bersama PC Muriah Ltd. pada Selasa (30/10/2018) menghadirkan Rumah Pintar Tunas Bahagia dan Gerai UMKM Tanjung Baharu di Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Program pemberdayaan masyarakat dalam bentuk CSR ini, bersinergi dengan Unnes dan Pemkot Semarang.

"Ini merupakan tindaklanjut sosialisasi bulan Agustus lalu. Alhamdulillah Rumah pintar dan gerai UMKM terwujud," ujar Senior Manager Corporate Affairs & Administration PC Muriah, Andiono Setiawan, ketika dikonfirmasi suarabanyuurip.com disela- sela kunjungan bersama Istri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Krisseptiana.

Andiono biasa disapa, menjelaskan, program Corporate Social Responsibility (CSR) ini dapat terwujud berkat dukungan semua pihak. Rumah pintar bertujuan memaksimalkan bakat dari warga lintas usia. Mulai mendongeng, bermain musik, posyandu, dan kegiatan sosial lainnya.

Banyaknya potensi di wilayah Tanjung Mas, Petronas akan berusaha mengoptimalkannya. Diantara potensi tersebut mulai produk ikan, udang, nuget, bakso, dan otak-otak yang bisa diolah menjadi souvebir dan layak jual.

"Kami tidak hanya sediakan sarana fisik saja, tapi mengajak warga untuk menjaga dan merawatnya," bebernya.

Selain Rumah Pintar dan Gerai UMKM, Petronas juga memiliki progam lain yang menarik. Misalnya desa sehat, maupun diversifikasi pangan keluarga. Semoga kegiatan positif ini berjalan baik, dan menjadikan multi player efek bagi masyarakat.

Kepala SKK Migas Jabanusa, Ali Masyhar, merasa berhutang dengan jurnalis di wilayahnya. Dikarenakan kegiatan Hulu Migas tak akan didengar oleh masyarakat tanpa dukungan media. Diantaranya CSR-nya Petronas. Program ini dari Pemerintah diwakili SKK Migas bersinergi dengan Petronas.

"CSR sebagai bentuk tanggungjawab industri Migas yang terus didorong pemerintah," sambungnya.

Selama ini, pemerintah terus mendorong Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS), agar betul-betul memperhatikan tetangga atau lingkungan sekitar. CSR bagian dari hidup bertetangga saling asah, asih, dan bermanfaat untuk sesama.

Wali Kota Semarang yang diwakili Kepala Bappeda Kota Semarang, Bunyamin, menyampaikan beribu terimakasih karena SKK Migas dan Petronas begitu peduli terhadap pendidikan dan UMKM di Kota Semarang.

"Diyakini keberadaan Rumah Pintar dan Gerai UMKM bermanfaat," sambungnya.

Pemasaran menjadi kunci UMKM berkembang. Dalam kurun waktu 5 tahun telah banyak capaian yang dihasilkan. Volume usaha UMKM 5 tahun terakhir juga meningkat.

Jika dilihat penyerapan Naker, tahun 2012 menyerap 17.511 orang, tahun 2013 sebanyak 17.704 orang, tahun 2014 sebanyak 18.473 orang, tahun 2015 sebanyak 18.810 orang, dan tahun 2016 menyerap 29.770 Naker.

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih semoga CSR berjalan terus. Bagi penerima manfaat Rumah Pintar harus dapat dirawat, memelihara untuk kepentingan masyarakat," pungkasnya. (Aim)

Dibaca : 241x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan