Jum'at, 22 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Harga Bahan Makanan Mulai Stabil

Editor: nugroho
Senin, 05 Januari 2015
edy purnomo
TURUN HARGA : Salah satu pedagang sayur di Pasar Tuban sedang melayani pembeli.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Harga bahan makanan yang semula melangit sekarang mulai stabil. Hal ini menyusul diberlakukannya tarif baru Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pemerintah per 1 Januari 2015 kemarin.

Stabilnya harga ini sudah dirasakan warga sejak tiga hari terakhir. Terutama untuk komoditas sayur mayur dan bumbu dapur.

“Alhamdulillah hari ini sudah mulai turun lagi,” kata Khusnul Khotimah (30), salah satu pedagang asal Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Senin (5/1/2014).

Penurunan secara signifikan terjadi untuk harga lombok. Pada akhir Desember kemarin, harga lombok sempat menembus di atas Rp100 ribu perkilogram (Kg). Kemudian turun menjadi Rp90 ribu perkilogram di hari pertama penurunan harga BBM. Harga ini kemudian turun lagi menjadi Rp72 ribu perkilogram dan sekarang menjadi Rp67 ribu perkilogram.

“Sepertinya besok akan turun lagi harganya,” lanjut Khusnul.

Cabai jenis lain, cabai pluntir, sekarang seharga Rp54 ribu perkilogram. Awalnya cabai jenis ini harganya Rp65 ribu perkilogram. Kemudian cabai hijau sekarang bertahan di harga Rp28 ribu perkilogram dari harga sebelumnya yang pernah mencapai Rp40 ribu perkilogram.

“Cukup lega apabila harga-harga bisa turun, sehingga daya beli masyarakat ke pedagang kecil tidak ikut menurun,” sambung Indah Warni, pedagang lain yang berada di Desa Sekardadi, Kecamatan Jenu.

Sementara itu, untuk harga bahan makanan lainnya juga mulai stabil. Rata-rata harganya mengalami penurunan sebesar Rp1000  perkilogram.

“Kalau kelapa dan tomat sekitar lima ribu sampai enam ribu, selain cabai rata-rata turunnya sekitar seribu rupiah,” lanjut Indah.(edp)

Dibaca : 458x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan