Selasa, 11 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Harga Ikan Sekitar Pipa Migas Meroket

Editor: nugroho
Rabu, 13 Agustus 2014
edy purnomo
MAHAL : Salah satu pedagang ikan di salah satu pasar di Kabupaten Tuban.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Harga ikan dan tangkapan laut lainnya di perairan laut utara dan di sekitar pipa minyak dan gas bumi (Migas) di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengalami kenaikan cukup drastis sejak satu minggu terakhir.

Hal ini menyusul keengganan dari sejumlah nelayan kecil melaut. Karena adanya angin dan ombak yang dirasa cukup besar di laut yang menjadi wilayah penanaman pipa milik Operator Migas Blok Tuban, Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) dan juga anak perusahaan Exxon Mobil, Mobil Cepu Limited (MCL).

Penelusuran suarabanyuurip.com, Rabu (13/8/2014), saat ini kenaikan harga tangkapan laut meningkat dua kali lipat. Diantaranya adalah Ikan Tenggiri yang saat ini mencapai harga Rp40 ribu perkilogram dari harga awal Rp20 ribu per kilogram, Ikan Kakap Merah yang mencapai harga Rp30 ribu perkilogram dari harga semula yang hanya Rp16 ribu perkilogram..

Selain itu kenaikan harga juga terjadi untuk tangkapan lain, seperti harga Kepiting yang saat ini mencapai Rp55 ribu perkilogram dari harga semula Rp30 ribu perkilogram, Rajungan yang saat ini mencapai Rp60 ribu perkilogram dari harga semula Rp30 ribu perkilogram, serta cumi-cumi yang saat ini mencapai Rp70 ribu perkilogram dari harga semula yang hanya Rp35 ribu rupiah perkilogram.

Para pedagang ikan memebanarkan kalau melambungnnya harga tangkapan laut akibat nelayan kecil jarang melaut. Saat ini, hampir semua tangkapan laut merupakan kiriman nelayan dari luar yang bersandar di Tuban.

“Jadi memang ikannya sedikit sehingga harga ikut mahal,” ujar Muyatin (37), salah satu pedagang ikan di Kecamatan Palang.

“Sehari jual tidak sampai 30 perkilogram, karena warga banyak menggunakan lauk lain untuk makan,” katanya sembari menjelaskan semakin sedikit ikan yang terjual maka semakin sedikit untung yang pedagang dapat.(edp)

Dibaca : 657x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>