Kamis, 23 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Hari Ibu Gelar Lomba Batik

Editor: nugroho
Selasa, 22 Desember 2015

SuaraBanyuurip.com - Torok Martono

Lamongan - Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-87 tahun 2015, TP PKK Lamongan, Jawa Timur, bersama Persatuan Dharma Wanita menyelenggarakan lomba desain baju kerja menggunakan batik khas wilayah setempat di Pendopo Lokatantra, Selasa (22/12/2015).

Ketua TP PKK Kabupaten Lamongan, Astrid Wahid Wahyudi menyampaikan, lomba ini mengusung tema Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki Dalam Mewujudkan Pembangunan Yang Berkelanjutan dan Berkeadilan Mewujudkan Indonesia Berdaulat Mandiri dan Berkepribadian. 

Astrid berharap kepada semua pihak untuk meningkatkan kemitraan perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan ekonomi rumah tangga menuju kesejahteraan keluarga, sehingga mendorong terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender.

"Produktivitas ekonomi perempuan termasuk industri rumah tangga perlu terus didorong guna menanggulangi kemiskinan,” tegas Astrid.

Ketua Dharma Wanita Persatuan, Anis Yuhrohnur Efendi menyampaikan maksud dan tujuan penyelenggaraan lomba adalah untuk semakin meningkatkan kecintaan terhadap produk local batik khas Lamongan.

“Peserta berjumlah 71 orang yang terdiri dari 44 wakil SKPD dan 27 wakil kecamatan dengan 3 juri yang didatangkan dari Propinsi Jawa Timur dengan criteria penilaian yakni keserasian, kenyamanan dan kesederhanaan”.

Batik yang digunakan oleh para peserta yakni batik khas Lamongan baik batik tulis maupun batik tenun. Seperti yang diperagakan oleh Salah satu staf Bagian Humas dan Infokom Ika Karunia Damaiyanti menggunakan batik khas Lamongan dengan corak “Godhong Ploso” hasil karya salahsatu siswa SMPN 1 Lamongan.

Di akhir acara diumumkan pemenang lomba desain baju kerja batik khas Lamongan yakni juara Harapan III dari Kecamatan Solokuro, Harapan II dari Sekretariat Daerah, Harapan I dari Kecamatan Turi, Juara III dari Kecamatan Pucuk, Juara II dari KPDE dan Juara I dari Inspektorat.

Dalam acara yang sama juga diberikan penghargaan kepada 27 kader perwakilan kecamatan yang mengabdi lebih dari 20 tahun.(tok)

Dibaca : 458x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan