Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Hari Jadi Blora ke 265

Helat Festival Barong Nusantara

Editor: nugroho
Jum'at, 05 September 2014

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora- Sebagai kota barongan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, dalam waktu dekat ini akan menyelenggarakan festival Barong Nusantara pada Oktober mendatang. Agenda itu merupakan salah satu rangkaian Hari Jadi Blora ke-265.

“Rencananya akan dibagi tiga tahap di mulai 25 Oktober 2014,” kata Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Desinfo Dinas Perhubungan, Pariwisata Komunikasi dan Informasi (DPPKKI) Blora, Ahmad Sukarjo di dampingi salah seorang Kepala Seksi yang membidangi informasi, Samedi Djoko Waspodo, Jumat (05/9/2014).

Dia menjelaskan, meski pelaksanananya dimulai akhir Oktober 2014 nanti, namun persiapan festival itu kini tengah dilakukan panitia. Termasuk mencari dukungan dan batuan dari berbagai pihak agar kegiatan berjalan lancar.

Pelaksanaan Festival Barong Nusantara itu  berdasarkan surat edaran yang ditandantangani oleh Bupati Blora Djoko Nugroho. Penyelenggaraan tahap pertama adalah Pegelaran Barongan pada hari  Sabtu, 25 Oktober 2014 pukul 19.00 WIB, yang bertempat di Eks kawedanan Ngawen, Blora, Cepu, dan Randublatung.

Tahap ke-2 Parade Barongan pada hari Sabtu, 1 Nopember 2014, pukul 08.00 WIB di Alun-alun kota Blora menuju Blok T (bekas terminal lama). Pada puncak acara, pada tahap ke-3, Festival Barong Nusantara pada hari Sabtu 1 Nopember 2014, bertempat di Blok T,  pukul 20.00 WIB.

"Tahap tiga ini pesertanya dari Kelompok Kesenian dari Provinsi Bali, Jawa Barat, Yogyakarta dan Kabupaten Ponorogo. Sedangkan untuk Tahan satu dan tahap dua pesertanya dari kelompok kesenian lokal Kabupaten Blora," ujar Semedi, menerangkan.

Demi suksesnya acara diharapkan semua eleman masyarakat ikut berpartisipasi memberikan bantuan dan dukungan yang sekaligus ikut melestarikan seni budaya. "Sebab barongan telah menjadi ikon Blora,” sambung Samedi Djoko Waspodo. (ams)

Dibaca : 967x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan