Kamis, 21 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

HIPPAM Tirta Agung Wakili Jatim ke Nasional

Editor: nugroho
Senin, 16 Juni 2014

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan-Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) Tirta Agung Desa Tlanak, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur terus menunjukkan perkembangan signifikan dalam melayani kebutuhan air bersih bagi warga.

Sebelumnya HIPPAM Tirta Agung hanya melayani belasan kepala keluarga (KK) yang berada di dekat tandon air. Namun sekarang ini kelompok pengelola air bersih yang berdiri dari adanya proyek WESLIC di tahun 2007 itu mampu melayani kebutuhan air bersih bagi 1.236 KK.

Untuk melayani jumlah pelanggan yang menjangkau semua warga tersebut, HIPPAM Tirta Agung telah memiliki dua titik sumur sumber air. Sedang pipa yang terpasang panjangnya mencapai 9 kilometer.

Dalam mengelola pelayanan air bersih ini dilakukan secara profesional oleh HIPPAM Tirto Agung. Yakni setiap pembayaran oleh warga dilakukan di kantor yang berada satu kompleks dengan kantor desa. HIPPAM Tirto Agung memiliki 5 pengurus yang dan 3 orang karyawan yang merangkap sebagai tenaga teknis.

Kepala Desa Tlanak, Rahayu Ningsih, mengatakan, untuk tarif berlangganan di HIPPAM Tirto Agung ini lebih terjangkau dibandingkan dengan berlangganan air PDAM.  Untuk penggunaan 0-5 kibik tarifnya Rp6 ribu, 6-30 kibik tarifnya Rp15 ribu, 31-40 kibik tarifnya Rp20 ribu dan 41 kibik keatas tarifnya Rp25.000. Setiap pelanggan hanya dikenakan beban Rp2 ribu.

“Untuk musholla, masjid dan TPQ, pemakaian dibawah 6 kibik gratis. Tapi diatas itu dikenakan bea, “ ujar kades yang juga mantan Sekretaris HIPPAM Tirta Agung ini.

Karena pengelolaannya yang cukup profesional  dan membawa manfaat besar bagi warga, HIPPAM Tirta Agung menyabet juara I dalam lomba HIPPAM se Jawa Timur tahun 2013 mengalahkan Kabupaten Blitar dan Malang. Untuk prestasi tersebut HIPPAM Tirta Agung mendapat hadiah berupa piala dan uang senilai Rp15 juta. Hadiah itu dimanfaatkan untuk melengkapi sarana dan prasarana HIPPAM untuk kepentingan warga.

“Dengan prestasi itu, HIPPAM Tirta Agung menjadi duta Jawa Timur dalam lomba HIPPAM tingkat nasional. Saya harapkan dapat meraih prestasi lebih baik ditingkat nasional,” pungkas Ningsih.

Keberadaan HIPPAM Tirta Agung sangat dirasakan manfaatnya oleh warga Tlanak. Beberapa warga kepada suarabanyuurip.com mengaku tidak lagi sulit mendapatkan kebutuhan air bersih.

“Sekarang tinggal mutar kran air sudah mengalir melimpah mas. Airnya jernih dan sehat, “ ujar salah satu warga setempat, Warso kepada suarabanyuurip.com, Senin (16/6/2014).

Warga lainnya ,Bakhtiar menambahkan, air HIPPAM selain murah juga tidak pernah mampet. Sehingga warga tidak pernah sampai kekurangan air bersih. (tok)

Dibaca : 1394x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan