Jum'at, 22 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Ijazah Bacaleg PBB Dipertanyakan

Editor: nugroho
Selasa, 28 Mei 2013
edy purnomo
RAPAT : Panwaskab saat rapat dengan KPU Tuban membahas kejanggalan ijazah salah satu Bacaleg PBB.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Ijazah pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) milik salah satu Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Bulan Bintang (PBB) Tuban dipertanyakan keabsahannya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaslukab) Tuban, Jawa Timur. 

“Ijazah itu milik NM, usianya 52 tahun dari PBB,” kata Ketua Panwaslukab Tuban, Sullamul Huda, kepada sejumlah wartawan, usai menggelar rapat di kantor KPU Tuban.

Dia menyebutkan, ijazah SMA milik Bacaleg tersebut dikeluarkan Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor pada kisaran tahun 1974. Namun janggalnya, penyetaraan pendidikan non formal ke pendidikan formal di pondok tersebut ditetapkan melalui surat edaran menteri pendidikan pada tahun 1988.

“Dia mondok di Gontor pada tahun 1974. Padahal saat itu Gontor belum ada penyetaraan pendidikan seperti sekarang,” ujar Sullamul, mengungkapkan.

Karena terdapat kejanggalan itu, Panwaslukab Tuban berencana mendatangi Perguruan Tinggi (PT) tempat NM memperoleh ijazah S1. Yaitu di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Hal ini untuk memperjelas status ijazah, dan mempertanyakan dasar yang digunakan PT menerima mahasiswa. Karena Bacaleg tersebut berasal dari pendidikan non formal.

“Kalau terbukti ada pelanggaran, Bacaleg ini secara otomatis tidak memenuhi syarat dan bisa dicoret namanya dari daftar,” tegas Sullamul.

Sementara itu, Komisioner Divisi Pendaftaran dan Pemilih KPU, Yayuk Dwi Setyorini, enggan memberikan konfirmasi terkait permasalahan ini. Dia langsung meninggalkan Kantor KPU usai melakukan rapat dengan Panwaslukab Tuban.

 “Maaf, saya ada acara di Kejaksaan,” jawab dia sambil masuk kedalam mobil. (edp)

Dibaca : 1065x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan