Kamis, 18 Oktober 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Inilah Rangkaian Kegiatan Hari Jadi Tuban ke-725

Editor: samian
Selasa, 09 Oktober 2018
Ali Imron
Salinan agenda HJT ke-725 yang diterima suarabanyuurip.com dari Bagian Humas & Protokol Pemkab Tuban.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- Kabupaten Tuban, Jawa Timur tahun ini telah berusia 725. Untuk memeriahkannya, ada 31 serangkaian kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam Hari Jadi Tuban (HJT) k e-725 mulai bulan Oktober sampai Desember 2018.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tuban, Rohman Ubaid, menjelaskan serangkaian kegiatan ini tidak lain untuk menghibur 1,3 jiwa penduduk Bumi Wali dan sekitarnya. Selain itu, nguri-uri seni budaya dan pemberdayaan komunitas dan UKM.

"Agenda perdana mulai bulan Oktober-November, yaitu kegiatan layanan pemasangan kontrasepsi gratis di 33 puskesmas di Tuban," ujar Rohman Ubaid kepada suarabanyuurip.com, Selasa (9/10/2018).

Dalam jangka waktu yang sama, mantan Camat Jenu ini menjelaskan, ada kegiatan layanan donor darah yang digelar PMI Tuban. Di tanggal 10 Oktober 2018, dilanjutkan gebyar Paud, Gernasbaku, dan Launching HJT di Alun-alun Tuban.

Empat hari berikutnya pada 14 Oktober, ada Gowes Blok Tuban bareng Bupati/Forkopimda di Alun-alun Tuban. Bumi Wali Trail Adventure juga akan digelar di lapangan Desa Talangkembar, Kecamatan Montong pada 21 Oktober.

Mulai pukul 14:00 WIB pada 24 Oktober, masyarakat dapat menikmati kirab finalis Cung Nduk yang akan berkeliling kota. Dilanjutkan grand final ditawisata Cung Nduk Tuban pada 26 Oktober di Pendopo Krida Manunggal Tuban.

"Hari berikutnya dilanjutkan konser kebangsaan hari jadi Provinsi Jatim dan HJT di Alun-alun Tuban," terang mantan Camat Kerek ini.

Tak kalah menariknya, ada siraman Waranggono di Pemandian Bektiharjo pada 1 November. Tanggal 3 November ada Seminar Paud di Pendopo Krida Manunggal Tuban. Dilanjutkan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) kelima yang akan digelar mulai 3-11 November.

Di Lapangan Tennis Indoor juga akan digelar test event gulat pada 9-11 November. Tepat di Hari Pahlawan 10 November, Pemkab akan menggelar ziarah pahlawan dan leluhur di Makam Taman Pahlawan (TMP) dan makam leluhur.

Pada 11 November ada dua agenda sekaligus. Kirab budaya dimulai di Balai Desa Prunggahan sampai Alun-alun, dan malamnya ditutup malam tirakatan di Balai Desa Prunggahan Kulon.

"Tepat pada 12 November digelar Upacara HUT Tuban di Alun-alun, dilanjutkan resepsi di Pendapa Krida Manunggal Tuban," imbuhnya.

Lebih dari itu, yang ditunggu-tunggu masyarakat ada nikah massal di Masjid Agung pada 14 November. Di momen sakral ini biasanya disaksikan oleh Bupati Fathul Huda dan Forkopimda Tuban. Mulai 15-24 November ada lomba-lomba olahraga piala bupati, yang digelar di Gor Rangga Jaya Anoraga dan Stadion Lokajaya.

Sembari lomba olahraga berjalan, pada 16-17 November juga diadakan pesta rakyat-gelar budaya dan kuliner/Jajanan Khas Tuban (JKT) di Alun-alun Tuban. Sehari berikutnya di 18 November, disambung festival drumband se-Jatim. Giat yang melibatkan ratusan peserta ini dipusatkan di Alun-alun dan Jalan Protokol Tuban.

Gebyar GOPTKI juga akan meramaikan Alun-alun pada 23 November strat pukul 05:30 WIB. Dilanjut Ngaji kebangsaan dan Tuban bersholawat. Festival tongklek juga akan menghibur masyarakat di 24 November. Ngontel Bareng Putra Lawe (sepeda tua) juga akan digelar pada 25 November 2018.

Beralih ke GOR Rangga Jaya Anoraga, mulai 27 November-1 Desember akan dihelat pameran dagang dan UKM. Malamnya akan dihibur pagelaran Wayang Kulit di Alun-alun Tuban. Ada pula bakti kemanusiaan dan Tuban peduli di Pendapa Krida Manungal pada 5 Desember.

Bagi pecinta burung juga dapat berpartisipasi dalam festival dan lomba burung berkicau di Alun-alun Tuban pada 9 Desember. Ditutup dengan Bumi Wali Jeep Adventure strat Alun-alun pada 16 Desember 2018. (Aim)

Dibaca : 1170x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan