Minggu, 17 Februari 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Inilah Skenario Pengembangan Wisata Tuban di 2019

Editor: nugroho
Selasa, 15 Januari 2019
Hidayatul Khoriyah
SIDAK : Wabup Tuban, Noor Nahar Husein di dampingi sejumlah OPD saat mengunjungi wisata Pantai Kelapa.

SuaraBanyuurip.comHidayatul Khoiriyah

Tuban - Pemkab Tuban, Jawa Timur, telah menyiapkan skenario untuk mengembangkan wisata di wiliyahnya pada tahun 2019. Salah satunya menggandeng sejumlah pihak untuk pengelolaannya. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Tuban, Noor Nahar Husein usai inspeksi mendadak di empat destinasi wisata bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Empat lokasi wisata yang menjadi sasaran sidak adalah Goa Akbar, Pantai Boom, Pantai Kelapa, dan Agrowisata Petik Belimbing-Tasikmadu.

 Ikut mendamping sidak Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora), Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP), Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan jajaran kelompok sadar wisata beserta pemangku kepentingan kecamatan setempat.

“Melihat destinasi wisata baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta, untuk kemudian bisa dilakukan pengembangan wisata sehingga menjadi penyangga untuk destinasi wisata Kota Tuban,” ujar Wabup Noor Nahar kepada suarabanyuurip.com, Selasa (15/1/2019) ketika ditemui usai acara.

 Pengembangan wisata tersebut bakal difokuskan pada pengelolaan, dengan menjalin kerja sama antar pihak pengelola dan pemerintah kabupaten.

"Itu yang akan kita tata dengan baik,” Imbuh politisi asal Kecamatan Rengel.

 Wisata di Bumi Wali masih terfokus pada wisata religi. Namun, politisi PKB itu bertekad terus mempromosikan wisata lain selain wisata religi. Diakui pemkab tidak bisa menggaet semua wisatawan yang memang bertujuan ziarah, karena terkendala waktu.

"Di lain waktu bisa dikunjungi lagi dengan destinasi wisata yang berbeda,” jelasnya.

Bendahara Pokdarwis Pantai Kelapa Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Rofiq, menjelaskan kebersamaan pokdarwis Pantai Kelapa yang telah bersama berusaha untuk memajukan wisata dengan upaya membangun. Diantaranya menambah spot foto, fasilitas lain yang membuat nyaman keluarga dan menjaga kebersihan.

"Sehingga secara tidak langsung dapat membantu pemerintahan dengan meningkatan perekonomian masayarakat kalangan bawah," sambungnya.

Selama ini pesona wisata Pantai Kelapa Tuban, mampu menarik wisatawan hingga 1.080.000 orang sepanjang 2018. Diantara wisatawan yang berkunjung dari manca negara yakni Malaysia.

Antusiasme jumlah wisatawan di pantai yang terletak di tepi Jalan Deandeles itu menyuguhkan beberapa ikon unik seperti pohon kelapa, spot foto dengan banyak pilihan termasuk di dermaga, bangkai perahu, serta beberapa spot foto dengan berbagai frame. (hida)








Dibaca : 309x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>