Rabu, 18 Juli 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Irigasi Sekitar J-TB Belum Membantu Maksimal Petani

Editor: nugroho
Kamis, 12 Juli 2018
Samian Sasongko
ANTUSIAS : Para kades sekitar J-TB yang hadir, dan tokoh masyarakat antusias saat mengikuti acara pembinaan gabungan HIPPA.
TERKAIT:

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Keberadaan irigasi yang melintasi wilayah Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, hingga saat ini dinilai belum bisa membantu secara maksimal bagi para petani setempat.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa (Kades) Dolokgede, Nunuk Sri Rahayu, diacara kegiatan pembinaan gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) dan peningkatan pemahaman Peraturan Bupati (Perbup) No 18 Tahun 2012 tentang pemberdayaan petani pemakai air di Balai Desa Dolokgede, Kamis (12/7/2018).

Selain itu, kata Nunuk, terdapat kerusakan irigasi juga belum kunjung diperbaiki. Hal itu membuat banyak kerugian di masyarakat desa. Karena itu, Kades ring satu proyek Unitisasi Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (J-TB) ini berharap kerusakan tersebut segera diperhatikan pembangunannya. Sehingga dapat membantu petani dalam meningkatkan produksi pertanian.

"Kalau irigasinya bagus, apalagi saat musim kemarau tentu petani juga mudah mengolah tanah karena kebutuhan air tercukupi," ujarnya.

Menanggapi keluhan Kades Nunuk, perwakilan Dinas Pekerjaan Umum (PU)  Sumber Daya Air (SDA) Bojonegoro, Edy Susanto, menjelaskan, belum dilakukannya renofasi saluran irigasi karena bendungan irigasi Nglambangan baru diserahkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro pada tahun 2017 lalu.

"Jadi tahun 2018 ini Pemkab Bojonegoro insya allah sudah bisa melakukan renofasi," kata Edy Susanto. 

Sementara ditempat yang sama, Pj Bupati Bojonegoro Suprianto, menegaskan, kegiatan HIPPA yang ada harus mampu mengurangi dan mengentaskan kemiskinan petani sekitar Bendungan Nglambangan.

"Semoga kedepan dengan dukungan semua pihak mampu mengubah semuanya lebih baik lagi," pungkasnya.

Hadir diacara yang diselenggarakan oleh Dinas Pengairan dan PU SDA Bojonegoro tersebut Kades dari Kecamatan Tambakrejo, dan Purwosari, tokoh masyarakat dan Muspika Tambakrejo.(sam)

Dibaca : 572x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan