Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Jangan Korbankan Lahan Pertanian untuk Industri Migas

Editor: nugroho
Kamis, 10 Oktober 2013

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengingatkan kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat untuk lebih memperhatikan lahan pertanian agar tidak tergerus oleh kegiatan industri minyak dan gas bumi, serta jasa turunannya seperti kawasan perkantoran dan permukiman. Sebab jika itu terjadi akan kontraproduktif dengan cita-cita besar Bojonegoro sebagai lumbung pangan dan lumbung energi.

"Karena itu perlu adanya perlindungan yang diatur oleh Raperda tersendiri. Sehingga ada batasan secara jelas dan tegas untuk tidak mengorbankan lahan pertanian," tegas Nuswantoro dalam Pandang Umum (PU) Fraksi PDI Perjuangan yang disampaikan dalam Rapat Paripurna, Kamis (10/10/2013).

Paripurna itu beragendakan penyampaian Nota Penjelasan tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Usulan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan  Pemandangan Umum (PU) Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Nota Penjelasan Kepala Daerah tentang Raperda Usulan Pemkab dan Raperda usulan DPRD.

Dalam PU Fraksi PDI Perjuangan, Nuswantoro juga menyoroti rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan Bojonegoro, Kapas, Ngasem dan Kalitidu tahun 2012-2023 mendatang. Karena seiring aktifitas eksplorasi dan eksploitasi industri minyak dan gas bumi di empat kecamatan tersebut telah mendorong diperlukannya kawasan untuk pengembangan infrastruktur minyak dan gas bumi beserta industri turunannya.

"Disamping keperluan untuk kawasan penting lainnya, seperti kawasan perdagangan dan jasa, perkantoran serta permukiman," tandasnya.

Seblumnya, Bupati Bojonegoro, Suyoto, menegaskan, visi Rancana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) adalah mewujudkan Bojonegoro sebagai lumbung Pangan dan Energi Indonesia yang produktif, daya saing, adil, bahagia sejahtera, dan berkelanjutan.

"Penyusunan RPJPD ini agar mewujudkan cita-cita demokrasi, mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan, manifestasi, sustainable dengan target yang konkrit dan ambisius," tegas Suyoto saat menyampaikan Nota Penjelasan Kepala Daerah tentang Raperda Usulan Pemkab.(rien)

Dibaca : 956x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan