Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Jhpiego - MCL Tingkatkan Kualitas Pelayanan KIBBLA

Editor: nugroho
Kamis, 26 Januari 2012

SuaraBanyuurip.com - Winarto

Jhpiego bekerjasama dengan Operator Blok Cepu, Mobil Cepu Limited (MCL) dan Dinas Kesehatan kabupaten Tuban menggelar lokakarya standar kinerja puskesmas dan Polindes dengan mengembangkan model pelayanan Kesehatan ibu bayi dan balita (KIBBLA). Kegiatan tersebut diikuti perwakilan tenaga medis di 6 puskesmas dan bidan desa di 15 desa di wilayah Tuban.

Program Manager Jhipego, Zaimah menjelaskan, lokakarya ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan KIBBLA di daerah sasaran program guna mendukung percepatan penurunan angka kematian dan kesakitan ibu dan bayi kearah pencapaian MDGs 4 & 5. Sebab dengan model pelayanan KIBBLA ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan asuhan kesehatan ibu dan neonatal di tingkat masyarakat, kualitas pelayanan kesehatan,kualitas petugas kesehatan (bidan dan Staf PKM) dalam bekerja sesuai standar.

“Juga meningkatkan manajemen sistim kesehatan di masing-masing fasilitas kesehatan KIBBLA pada tingkat pelayanan dasar,” ujarnya.

Menurut dia, ada beberapa tujuan khusus dalam kegiatan ini. Yakni mengenalkan pendekatan managemen berdasarkan standar dan penghargaan (SBM-R), mengkaji ulang, merevisi dan menyepakati standar kinerja yang berlaku untuk Puskesmas/Polindes/Poskesdes dan Bidan Desa, Menyepakati jadwal baseline assesment dan jadwal tindak lanjut. Standar kinerja itu, lanjut dia, dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kualitas praktek pelayanan kesehatan ibu anak dan berfungsi sebagai instrumen assesment, job aids, instrument pelatihan (orientasi) maupun untuk monitoring, supervisi dan evaluasi.

“Untuk kegiatan difokuskan pada upaya yang bersifat inovatif, intensifikasi penerapan standard nasional berdasarkan evidence base internasional dan praktek klinik terbaik  dalam meningkatkan pelayanan kesehatan ibu bayi dan anak yang terintegrasi di 6 puskesmas dan 15 polindes yang menjadi sasaran program,” pungkasnya.

6 puskesmas yang mengikuti program ini adalah Puskesmas Palang, Sumur Agung, Plumpang, Rengel, Soko, dan Puskesmas Wire. Sedang 15 Polindesnya yakni Polindes Cendono, Pucang, Karangagung dan Ngimbang Kecamatan Palang; Plindes Gesing, Kecamatan Semanding; Polindes Leran Kulon, Sumberagung dan Trutup, Kecamatan Plumpang;  dan Polindes Simo, Kecamatan Soko.

Dibaca : 1427x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan