Selasa, 18 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Kabupaten Tuban Mampu Ekspor Ikan ke ASIA

Editor: samian
Rabu, 05 Desember 2018
Hidayatul Khoiriyah
Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Perikanan dan Peternakan Tuban, Warsito.

SuaraBanyuurip.com - Hidayatul Khoiriyah

Tuban- Kabupaten Tuban, Jawa Timur, tahun ini mampu mengekspor ikan pada Negara di ASIA. Permintaan paling banyak ada pada Negara Cina, Jepang, dan Korea.

"Kualitas ikan kita sudah tembus pasar ASIA, seperti Cina, Jepang, dan Korea," ujar Kasi Sarana dan Prasarana Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Tuban, Warsito, saat ditemui Reporter Suarabanyuurip.com di ruangan kerjanya, Rabu (5/12/2018).

Kendati demikian, jumlah produksi ikan tahun 2018 belum dapat dipastikan karena masih dalam tahap pengumpulan data sampai akhir bulan Desember baru dibuat data statistiknya.

Data tersebut merupakan hasil dari masing-masing Tempat Pelelangan Ikan (TPI), dan dari masing-masing daerah yang dilaporkan. Nantinya akan dilaporkan dengan pelaporan dalam dua data, yakni statistik dari TPI dan secara umum dalam produksi total.

Pemkab Tuban akan terus berupaya meningkatkan hasil produksi ikan untuk dapat memenuhi permintaan pasar yang makin meningkat. Dengan melakukan pelatihan kepada nelayan.

Adapun pendapatan retribusi dari pemerintah pada tahun 2018 hingga akhir November 2018 mencapai Rp700.000.000. Data ini masih belum di tetapkan hingga menunggu akhir bulan Desember 2018. Sedangkan di tahun 2017 mencapai Rp1 Miliar.

“Sampai saat ini sekitar 700 juta lebih, tapi masih dapat bertambah karena belum pada akhir Desember," imbuh pria ramah itu.

Terpisah, salah satu nelayan Kecamatan Palang, Nul ,mengaku hasil tangkap ikan lancar tanpa kendala. Nelayan di sekitar FSO Gagak Rimang dan FSO Cinta Natomas ini, pendapatan surut ketika cuaca kurang bersahabat.

“Hasil tangkap ikan sampai sejauh ini masih lancar," pungkasnya. (hida)

Dibaca : 500x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan