Senin, 18 Juni 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Kader Posyandu Gayam Mendapat Pembelajaran Kewirausahaan

Editor: samian
Rabu, 13 Desember 2017
Ririn Wedia
USAHA MANDIRI : Perwakilan Pattiro Wiwik saat memberikan ilmu kepada kader posyandu Gayam untuk kewirauhaan mandiri dari EMCL.

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

Bojonegoro - Puluhan kader posyandu Kecamatan Gayam, Bojonegoro, Jawa Timur, mendapatkan pembelajaran kewirausahaan mandiri dari operator Lapangan Migas Banyu Urip, Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), di pendapa kecamatan setempat, Selasa (12/11/2017). Didampingi LSM Pattiro Surakarta, para ibu diajari bagaimana mengelola usaha yang efektif dan efisien.

"Terkadang kita lupa bahwa usaha itu harus disiplin administrasi," ujar pemilik usaha GADING dari Desa Ngraseh, Kecamatan Dander Bojonegoro, Kristianingsih.

Kristianingsih didatangkan Pattiro untuk berbagi pengalaman tentang pengelolaan usahanya yang saat ini sudah maju. Sejauh ini, usaha yang dirintis sudah bisa mempekerjakan ibu-ibu di sekitar lingkungannya. "Meskipun baru merintis, tapi kita harus disiplin melakukan pencatatan," ungkapnya berkisah.

Berbagai pertanyaan dilontarkan para peserta. Pada umumnya mereka penasaran mengenai bagaimana mengelola usaha yang belum begitu menguntungkan secara ekonomi.

"Kami bisa belajar banyak dari Ibu Kristin," ucap Puji, salah satu peserta dari Desa Gayam.

Program diskusi kemandirian usaha bagi kader posyandu ini adalah upaya memandirikan kegiatan posyandu di desa-desa sekitar wilayah operasi EMCL.

"Tujuannya diskusi ini agar para pengelola usaha bisa saling sharing tentang hambatan dan kesulitan mereka sehingga akan didapatkan solusi," jelas perwakilan Pattiro, Wiwik Nur Widiyanti.

Menurut Wiwik, kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas usaha yang telah dilakukan kader posyandu selama ini.

"Ini sebagai tindak lanjut dari pemberian dana stimulan dari EMCL pada April lalu. Semoga kedepan posyandu bisa lebih mandiri," katanya sambil berharap.

Perwakilan EMCL, Galih Tiara mengapresiasi kepada masyarakat Kecamatan Gayam yang selama ini telah mendukung keberhasilan proyek Lapangan Banyu Urip. Menurutnya, program yang dilaksanakan dengan para kader posyandu ini adalah wujud komitmen EMCL dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat sekaligus kemandiriannya.

"Semoga bermanfaat untuk kita semua," pungkasnya.(rien)

 

Dibaca : 317x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan