Sabtu, 23 Maret 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Kades di Lamongan Ramai-ramai Nyalon Dewan

Editor: nugroho
Selasa, 02 April 2013
totok martono
Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Lamongan, Khoirul Huda

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan – Menjadi anggota dewan perwakilan rakyat (DPR) masih digandrungi banyak orang. Sejumlah kepala desa di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, yang menjelang purna tugas bersiap-siap maju dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2014. Bermodalkan pengalaman berpolitik selama menjabat kades dan besarnya massa menjadikan mereka percaya diri (PD).

Rata-rata kades yang akan menyalonkan diri sebagai anggota DPR adalah mereka yang menjabat dua periode. Mereka mengaku mampu meraih suara dari warganya dan dukungan sesama rekan kades.

Kades Bluluk, Kecamatan Bluluk, Sarwadji, misalnya, menyatakan niat bulatnya untuk maju mencalonkan diri sebagai DPRD Lamongan yang akan dibuka April mendatang. Partai pengusung yang dipilihnya adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Yang meminang saya nyalon dewan adalah Abah Makin Abas. Saya hanya nggelundung saja,” kata Sarwadji.

Makin Abbas adalah Ketua DPC PKB Lamongan sekaligus Ketua DPRD Lamongan dua periode. Bisa jadi Makin Abas memiliki alasan tersenidiri untuk meminang Sarwiji. Sebab, selain Sarwiji menjabat dua periode sebagai kades, dia juga adalah koordinator Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang membawahi Kecamatan Modo, Bluluk dan Sukorame. Ada ribua pesanggem (petani penggiran lahan perhutani untuk pertanian) yang tergabung di 13 LMDH. 

Selain membidik Sarwiji, DPC PKB Lamongan dikabarkan juga akan mencalonkan Kades Banjarrejo, Kecamatan Kedungpring, Nur Soleh. Dia juga menjabat kades dua periode dan tercatat sebagai PAC PKB Kecamatan Kedungpring.

Kades Geger, Kecamatan Turi, Bambang Soepriyadi, juga mengaku, berkeinginan mencalonkan dewan. Dia juga menjabat kades dua periode dan sebenterlagi akan purna. Bambang mengaku, ada beberapa partai besar yang telah meminangnya namun dia belum menentukan sikap akan berangkat dari partai mana.

“Masih banyak yang harus dipertimbangkan mas, lihat saja nanti,” sambung Bambang diplomatis. 

Kades dua periode lainnya yang siap nyalon dewan adalah Kades Cluring, Kecamatan Kalitengah, Sutikno.

Menanggapi banyaknya kades yang akan maju dalam Pileg 2014 ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Lamongan, Khoirul Huda, dikonfirmasi SuaraBanyuurip.com melalui telepon genggamnya mengatakan, menyambut responsif banyaknya mantan kades dua periode yang ikut nyaleg.

“Bisa saja ikut nyaleg asal memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Yang terpenting sesuai aturan, kades harus mengajukan surat pengunduran diri saat mendaftar calon dewan,” sambung Huda sambil menerangkan pendaftaran Caleg di Lamongan dibuka mulai tanggal 9 – 22 April mendatang.

Untuk diketahui, perebutan kursi DPRD Lamongan tidak pernah sepi dari fenomena tampilnya para kades dua periode. Pada pemilu 2004 lalu, sejumlah mantan kades turut meramaikan pileg. Dua orang lolos masuk gedung dewan yaitu mantan Kades Pajangan, Kecamatan Sukodadi, Dahlan melaui partai PPP dan mantan Kades Sumurgenuk, Kecamatan Babat, Sudjono dari Partai Demokrat.

Keduanya sama-sama mantan kades dua periode.  Rencananya mereka juga bersiap mencalonkan lagi untuk dapat kembali duduk dikursi dewan.

“Ya nggak apa-apa. Semua orang berhak nyaleg asal memenuhi syarat. Bersaingnya juga harus sehat. Ini kan alam demokrasi,” sergah Sujono.(tok)

 

Dibaca : 3178x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>