Rabu, 19 September 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Kang Yoto Beri Motivasi Siswa Hadapi UNBK

Editor: samian
Jum'at, 02 Maret 2018
Ririn Wedia
ANTUSIAS : Puluhan murid antusias mengikuti acara motivasi yang diberikan Bupati Suyoto.

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

Bojonegoro - Di bawah terik matahari tidak menyurutkan niat para murid-murid SMKN 1 Bojonegoro, Jawa Timur , untuk mendengarkan motivasi dari Bupati Bojonegoro, Suyoto, atau akrab disapa Kang Yoto.

Motivasi ini dilakukan untuk memberikan semangat, memberikan dorongan agar para murid-murid berani, yakin dan bisa percaya diri dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Acara yang dilaksanakan di SMKN 1 Bojonegoro pada Jumat (2/3/2018) ini mengambil tema "Membentuk Generasi yang Cerdas dan Berkarakter".

Kepala Sekolah SMKN 1 Bojonegoro, Yudi Pramono, menyampaikan, ini merupakan kegiatan rutin dari pemerintah sebagai bentuk dari pendidikan karakter. Karena sudah banyak para anak-anak kita yang kehilangan karakter.

"Diharapkan dapat membuat karakter para anak-anak menjadi lebih baik serta menjadi lebih bisa memilih antara yang baik dan benar," tukasnya.

Sementara Bupati Suyoto, dalam sambutannya mengatakan, jangan  pernah menanyakan apa yang akan kita dapatkan, tapi tanyakan apa yang bisa diberikan.

"Karena banyak hal yang tidak bisa kita minta dari seseorang," imbuhnya.

Hal tersebut diantaranya adalah harta karena harta tidak dapat diminta dan hanya didapatkan dengan usaha. Kemudian, yang kedua adalah tahta dimana tahta itu tidak bisa diminta dengan begitu saja karena harus mendapat kepercayaan dari orang lain.

"Ketiga adalah pujian dimana bila kita meminta orang lain untuk memuji diri kita maka kita dianggap gila oleh orang lain, keempat Cinta, begitu pula dengan cinta, cinta hanya bisa didapat dengan memberi cinta kepada orang lain baru kita bisa mendapatkan cinta dari orang lain," imbuhnya.

Sukses adalah bukan karena memiliki harta melimpah atau memiliki kedudukan yang tinggi, sukses adalah  bisa memberikan sesuatu kepada orang lain. Selain itu  hidup harus bisa jujur kepada diri sendiri dan juga orang lain, karena dengan kejujuran akan bisa membawa kita kepada kesuksesan.

"Itu sesuai pesan orang tua Kang Yoto "Sugihlah asal Jujur" itu yang kang Yoto jadikan pedoman bagi hidup Kang Yoto," tandasnya.

Begitu pula nanti ketika semua siswa menjalani UNBK diharapkan  bisa jujur dalam mengerjakan soal-soal yang akan dihadapi nantinya. Sehingga hasil yang didapat adalah hasil dari kerja keras sendiri. Mungkin UNBK dari tahun ke tahun merupakan momok bagi yang akan menghadapi ujian karena jika tidak bisa lulus biasanya akan mendapat rasa malu yang luar biasa.

"Karena tekanan tersebut biasanya adik-adik akan berbuat curang agar bisa lulus," lanjutnya.

Kang Yoto mengatakan, itu tidak baik karena itu merupakan sebuah kecurangan. Mulai saat ini harus belajar lebih giat lagi, berusaha lebih keras lagi, berjuang sekuat tenaga agar bisa lulus dengan hasil dari kerja keras sendiri.

"Kalian harus bisa lulus dengan hasil keringat kalian sendiri. Karena kesuksesan itu tidak datang dengan cara yang instan tapi butuh melalui proses yang panjang. Ingat adik-adik sekalian adalah pelaut handal itu tidak lahir dari laut yang tenang," pungkasnya.(rien)

Dibaca : 388x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan