Minggu, 21 Oktober 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Kantor Imigrasi Bojonegoro Permudah Urus Paspor

Editor: nugroho
Sabtu, 03 Februari 2018
ririn wedia
GUNTING PITA : Menkum-HAM dan MenPAN-RB bersama Bupati Suyoto meresmikan UKK Imigrasi Kelas I Tanjung Perak di Bojonegoro.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM), Yasonna Laoly mengapresiasi terobosan Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto membangun Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas I Tanjung Perak di wilayahnya. Terobosan tersebut bentuk sinergitas antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

"Dengan adanya UKK di Bojonegoro ini, bisa menghemat pengeluaran serta mempermudah kepengurusan paspor bagi masyarakat," ujar Yasonna Laoly saat memberikan sambutan dalam rangka peresmian Gedung UKK di Jalan Pattimura, Kelurahan Sumbang, Kecamatan Bojonegoro, Sabtu (3/2/2018). 

Sekarang ini banyak masyarakat yang memiliki uang lebih ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Selain itu tambahan kuota umroh juga membuat permintaan paspor meningkat. Sedangkan saat ini Dirjen Imigrasi hanya memiliki 125 kantor dari 415 kabupaten dan kota di Indonesia.

"Terobosan Bupati Suyoto dengan adanya UKK ini bisa membantu kinerja Keimigrasian. Ini semua demi kepentingan masyarakat, terlebih minat berangkat umroh yang semakin meningkat," ungkapnya.  

Yasonna Laoly menyatakan, pendapatan Dirjen Imigrasi anjlok pasca-kebijakan bebas visa karena tak lagi mendapat penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Hal ini berdampak juga pada perencanaan penambahan kantor Imigrasi di daerah. 

"Dalam setahun kami kehilangan Rp 1,3 triliun," ujarnya.
Selain itu adanya keterbatasan jumlah pegawai juga menjadi persoalan karena setiap tahun banyak yang pensiun ditambah moratorium. 

"Di beberapa tempat, kantor imigrasi bisa melayani 4 kabupaten atau kota sekaligus seperti di Solo, oleh sebab itu antriannya mengerikan," tandasnya.

Pihaknya mengingatkan jajaran Kemenkum-HAM melakukan evaluasi dan memantau UKK di Bojonegoro secara berkala sehingga kualitas pelayanannya dapat dipertahankan dan ditingkatkan.(rien)

Dibaca : 2501x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan