Jum'at, 27 April 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Kawasan Hijau Sekitar Pelabuhan SG Abrasi

Editor: nugroho
Sabtu, 31 Maret 2018
Ali Imron
ABRASi : Kawasan hijau di sekitar pelabuhan Semen Gresik terkikis ombak pantai tuban.

SuaraBanyuurip.com Ali Imron

Tuban- Sejak sepekan terakhir kawasan hijau sekitar pelabuhan Semen Gresik Kerja Sama Operasional (KSO) Semen Indonesia di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengalami abrasi. Bencana ini mengakibatkan delapan pohon cemara tumbang. 

"Gelombang pasang terjadi sejak Minggu kemarin sampai sekarang belum surut," ujar Ketua Desa Tangguh Bencana (Destana) Socorejo, Rohmad Hidayat, kepada suarabanyuurip.com, Sabtu (31/3/2018).

Pria flamboyan ini menjelaskan, bencana Rob diduga akibat adanya arus balik dari bangunan darurat peningalan proyek dermaga SG waktu lalu. Akibatnya kawasan hijau di sebelah Timur pelabuhan terkikis gelombang. 

"Sementara yang terdampak abrasi satu baris sekitar 8 pohon," terang pria yang juga menjabat BUMDes Socorejo itu. 

Kepala Desa Socorejo, Arif Rahman Hakim, mengaku telah melaporkan kejadian tersebut ke bagian bina lingkungan SG. Kendati demikian, belum ada tindak lanjut rencana antipasi abrasi ke depannya. 

"Sudah saya laporkan ke Bina Lingkungan SG," sergah alumnus aktifis PMII Jogja itu. 

Kades humanis itu menambahkan, yang terkena abrasi di sebelah Timur Pelabuhan pabrik semen BUMN. Area terdampaknya sepanjang sekitar 600 meter garis pantai Socorejo.

Dikonfirmasi perihal ini, Kabiro Humas dan CSR SG, Kuswandi, belum merespon pesan yang dikirimkan wartawan media ini sejak pukul 12:29 WIB. 

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiono, langsung merespon cepat bencana di sekitar Kawasan Industri Tuban (KIT) tersebut. Mantan Camat Widang ini akan menugaskan timnya ke lapangan untuk melihat seberapa parah abrasinya, dan langkah apa yang akan diambil ke depannya. 

"Biar dicek temen-temen dulu, matur nuwun," pungkas Joko. (aim)

Dibaca : 707x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan