Jum'at, 18 Januari 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Kelapa Genjah Entok Tiga Tahun Berbuah Lebat

Editor: samian
Jum'at, 04 Januari 2019
Ali Imron
Kelapa Genjah Entok yang kurun waktu tiga tahun berbuah lebat.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban- Sebanyak 3.500 bibit Kelapa Genjah Entok menjadi pilihan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, untuk dibagikan kepada keluarga miskin di 20 kecamatan di Bumi Wali.

Dipilihnya bibit kelapa varietas unggul tersebut, karena dalam kurun waktu tiga tahun sudah bisa berbuah lebat.

"Tiga tahun kelapanya sudah bisa berbuah lebat," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban, Murtadji, kepada suarabanyuurip.com, Jumat (4/1/2019).

Mantan Camat Bancar ini menjelaskan, program bagi-bagi bibit kelapa di awal tahun 2019 ini awalnya program Baznas yang masih ada dana untuk mengentaskan kemiskinan. Akhirnya dipilihlah bibit Kelapa Genjah Entok yang kualitasnya bagus.

Tak lama kemudian sinergi dengan instansinya, yang dipercaya mencarikan bibit. Dapatlah 3.500 bibit yang dibagi di 20 kecamatan di Tuban Bumi Wali.

"Buah Kelapa Genjah Entok ini adalah degan ijo. Selain trend dengan harga tinggi, juga biasa untuk jamu," imbuh pria humanis itu.

Dari 3.500 bibit kelapa, pembagiannya tergantung camat masing-masing karena  yang paham wilayah. Harapan Pemkab bantuan bibit ini bisa tepat sasaran ke keluarga miskin.

Adapun target dari program ini dijelaskan oleh Kabag Kesra Pemkab Tuban, Eko Jualianto, untuk meningkatkan pendapatan keluarga miskin di wilayahnya dengan produktifitas kelapa Genjah Entok. Satu keluarga miskin diberi dua bibit.

"Uangnya dari Baznas dan pendampingannya dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Tuban," tegas mantan Camat Semanding.

Di ketahui, sedikitnya ada 19 manfaat dari Kelapa Genjah Entok ini, yaitu mulai dari akar, batang, serabut kelapa, daging buah, hingga air kelapa. Selain untuk penangkal racun, Genjah Entok ini juga sebagai obat pencernaan dan isotonik.(Aim)

Dibaca : 5937x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>