Sabtu, 23 Maret 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Kemiskinan Tuban Masih Bertengger Lima Besar di Jatim

Editor: samian
Rabu, 09 Januari 2019
Hidayatul Khoiriyah
Kepala Bidang Litbang Bappeda Kabupaten Tuban, Umi Hanik.

SuaraBanyuurip.comHidayatul Khoiriyah

Tuban - Angka kemiskinan di Kabupaten Tuban pada 2018 mencapai angka 15,31% atau 178.640 jiwa. Angka tersebut didapat dari hasil survei dari sample di tiap-tiap kecamatan di Tuban.

“Garis kemiskinannya sebesar Rp328.268, apabila di bawah angka tersebut maka, dikatakan miskin,” ujar Staff Seksi Statistik Sosial, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tuban, Septia, kepada suarabanyuurip.com, Rabu (9/1/2019), di ruangannya.

Septia menjelaskan, survei yang dilakukan diantaranya dalam melakukan pengukuran tingkat kemiskinan, terkait bagaimana penduduk dapat dikategorikan sebagai penduduk miskin dapat dibandingkan dengan Garis Kemiskinan (GK).

Garis Kemiskinan merupakan penjumlahan dari Garis Kemiskinan Makanan (GKM) dan Garis Kemiskinan Non Makanan (GKNM). Apabila penduduk memiliki rata-rata pengeluaran per bulan di bawah GK, maka dikatakan miskin.

Adapun tingkat kemiskinan di Tuban masih bertengger di peringkat lima pada kabupaten dengan tingkat kemiskinan tinggi di provinsi Jawa Timur.

Pada peringkat satu diduduki Kabupaten Sampang dengan prosentase 21,21%, peringkat dua Kabupaten Sumenep dengan prosesntase 20,16%, peringkat tiga Kabupaten Bangkalan dengan prosentase 19,59%, sedangkan peringkat empat diduduki Kabupaten Probolinggo dengan 18,71%.

Sementara itu, Kepala Bidang Litbang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tuban, Umi Hanik, mengungkapkan, pemkab bakal terus melakukan berbagai program dalam rangka mengentaskan kemiskinan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melibatkan warga miskin pada tiap program.

“Sehingga sekali dayung, kita bisa sekaligus mengurangi angka kemiskinan dan pengembangan program di kabupaten,” pungkasnya.(hida)

Dibaca : 792x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>