Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Kerahkan Panwascam untuk Audit Pemilih

Editor: nugraha
Rabu, 19 Juni 2013

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

 

Tuban – Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Tuban, mengerahkan seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk melakukan audit pemutakhiran data pemilih, Rabu (19/6/2013).

Pemutakhiran data pemilih itu dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub). Mereka selama ini disinyalir juga menjabat sebagai Panitia Pendaftar Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan pendata Pemilih untuk Pilkades.

“Perkiraan kita sebesar 80 persen PPDP juga merangkap sebagai Pantarlih dan Pendaftar Pemilih untuk Pilkades,” kata Ketua Panwaskab Tuban, Sullamul Hadi, kepada SuaraBanyuurip.com.

Dia katakan, meski tidak ada peraturan yang melarang ataupun membolehkan untuk memiliki jabatan ganda ini, tapi hal ini bisa berakibat pada kurang maksimalnya kinerja mereka. Sehingga memicu beberapa kerawanan, diantaranya menggunakan daftar pemilihan kepala desa (pilkades) untuk Pilgub maupun Pileg.

“Karena itu kita kerahkan Panwascam, agar melakukan audit pemutakhiran data dimasing-masing kecamatan,” tambahnya.

Selain itu, Panwaskab juga melihat masih banyaknya rumah penduduk yang belum ditempel stiker pemilih hingga saat ini. Kondisi ini dikhawatirkan terjadi kerawanan  karena pendataan dilakukan menggunakan data lama dan tidak door to door. (edp)

 

Dibaca : 970x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan