Jum'at, 18 Januari 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Kesadaran Hidup Sehat Warga Sekitar Pemboran Meningkat

Editor: nugroho
Selasa, 31 Desember 2013
Kepala Puskesmas Gayam, dr. Joko

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa-Timur mengapresiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) yang digulirkan operator sumur migas Banyuurip, Mobil Cepu Ltd (MCL) di bidang kesehatan. Karena program yang laksanakan telah mewujudkan pola hidup sehat di kalangan warga sekitar tambang migas.

Kepala Puskesmas, Gayam, dr Joko Sulistyo, mengungkapkan, pola hidup sehat yang dapat dilihat adalah prilaku masyarakat tidak ada warga yang buang air besar (BAB)disembarang tempat. Prilaku ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana ketika musim kemarau warga melakukan BAB sembarang tempat.

"Dulu pada musim kemarau bisa dibilang hampir keseluruhan warga BAB sembarang tempat. Namun, setelah ada program Pemkab Bojonegoro Desa ODF, dan dukung pula melalui CSR MCL saat ini kesadaran warga untuk BAB sembarang tempat sudah banyak berkurang," kata dr. Joko Sulistyo ketika ditemui suarabanyuurip.com di ruang kerjanya, Selasa (31/12/2013).

Dia menjelaskan, selain telah merubah prilaku hidup masyarakat, program yang dilakan MCL juga untuk meningkatkan pengalaman dalam ilmu kesehatan bagi bidan desa yang ada.

"Alhamdulillah sudah dapat menekan angka kematian ibu (KAI) dan Bayi (KAB) di wilayah tambang. Oleh karena itu, program ini kedepan harus tetap dilakukan secara berkesinambungan dengan tahun lalu," ungkap Joko, menjelaskan.

Mantan Kepala Puskesmas Desa Ngantru, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro itu berharap, selain dari Pemkab, MCL juga sudikiranya untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan Puskesmas induk Gayam yang rencananya akan segera dibangun. Lain itu, juga pemberian bantuan alat-alat medis. Baik untuk Polindes maupun Pasyandu.

"Saya yakin dengan adanya alat medis yang memadai akan lebih baik dan memudahkan petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga," harap Joko.(sam)  

Dibaca : 1155x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>