Sabtu, 23 Maret 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Ketua DPRD Minta Pemkab Bojonegoro Jamin Kesehatan Warga

Editor: samian
Minggu, 23 Desember 2018
Ririn Wedia
MERAKYAT : Ketua DPRD Bojonegoro Sigit Kushariyanto saat menjenguk Marfuah, warga Desa Sukoharjo yang sedang sakit stroke.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sigit Kushariyanto, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro untuk menjamin hak seluruh warga masyarakat dalam semua sektor termasuk kesehatan.

"APBD tahun depan Rp4,6 triliun haruslah memberi manfaat dan menjamin hak-hak masyarakat," ujar Politisi asal Partai Golongan Karya (Golkar) ini kepada Suarabanyuurip.com, Sabtu (22/12/2018).

Kesehatan merupakan salah satu modal manusia atau human capital yang sangat diperlukan dalam menunjang pembangunan ekonomi. Hal ini dikarenakan kesehatan merupakan syarat bagi peningkatan produktivitas.

"Kesehatan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu daerah," tegas pria berkumis lebat.

Ekonomi dan kesehatan memiliki suatu keterkaitan, karena pembangunan ekonomi sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan masyarakat, sehingga dengan adanya perbaikan dan peningkatan layanan kesehatan maka bisa mempengaruhi produktivitas kerja.

"Oleh karenanya, saya meminta semua stake holder untuk mengupdate data berapa jumlah orang sakit menahun agar dapat dibantu dan selalu diperhatikan," tandasnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, menyatakan, ada 10 besar penyakit yang selama ini ditangani melalui fasilitas kesehatan tingkat pertama mulai dari Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Polindes, Ponkesdes, dan Klinik.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinas Kesehatan, Sutrisno, mengatakan, 10 besar penyakit yang menyerang masyarakat diantaranya infeksi akut saluran pernafasan, kemudian penyakit lambung, badan capek dan pegal-pegal.

"Kemudian penyakit darah tinggi primer, dan penyakit pada sistem otot dan jaringan pusat," imbuhnya.

Selanjutnya, penyakit lainnya yang menyerang masyarakat adalah nyeri kepala, penyakit kulit alergi, common cold, influensa dan diare.

"Semua penyakit teratasi kecuali ada rujukan yang menandai tingkat lanjutan," pungkasnya.(rien)

Dibaca : 439x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>