Senin, 25 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Kirab Api Abadi Tandai Malam Puncak HJB ke 336

Editor: nugroho
Sabtu, 19 Oktober 2013
samian sasongko
API ABADI : Kepala Desa Sendangharjo, Gunari mengambil api dalam obor untuk kemudian diberikan kepada Camat Ngasem, Suwignyo.

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro – Malam puncak peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 336 diawali dengan prosesi pengambilan api abadi di Kayangan Api di Desa Sendangharjo , Kecamatan Ngasem, Sabtu (19/10/2013) sore sekira pukul 13.00 wib. Pengambilan api ini diawali dengan beberapa tahapan dan ritual yang dilakukan Camat Ngasem dan Kepala Desa Sendangharjo.

Ritual yang dilakukan diantaranya adalah melakukan perjalanan mengitari lokasi api abadi sebanyak tiga kali yang diikuti oleh sejumlah waranggana. Juga menyiapkan seji yang diberikan kepada juru kunci Kayangan api.

Sedangkan saat pengambilan api abadi dilakukan oleh Kepala Desa Sendangharjo, Gunari kemudian diberikan kepada Camat Ngasem, Suwignya.  Selanjutnya api abadi itu diberikan kepada petugas pembawa api abadi untuk dibawa langsung menuju Bakorwil Bojonegoro sebelum disemayamkan di Pendapa Malwopati oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto. 

"Pengambilan api abadi Kayangan Api ini sebagai tanda puncak peringatan hari jadi Bojonegoro yang ke 336 tahun, Mas," kata Camat Ngasem, Suwignyo kepada suarabanyuurip.com di sela-sela pengambilan api abi.

Senada diungkapkan Kepala Desa Sendangharjo, Gunari. Dia menjelaskan, pengambilan api abadi di Kayangan Api dilakukan dalam setiap tahunnya.

"Setiap hari jadi Bojonegoro selalu mengambil api abadi disini, Mas. Semoga menjadi manfaat bagi masyarakat Bojonegoro umumnya, dan khususnya bagi warga Sendangharjo," sambung Gunari menjelaskan.

Dari pantauan, kirab api abadi ini menjadi tontonan warga disepanjang jalan mulai Desa Ngunut, Kecamatan Dander hingga Pendapa Malwopati. Pelajar dari sejumlah sekolah mulai tingkat SD – SMP di sepanjang jalan itu menyambut kirab yang diiringi dengan ratusan sepeda dari sejumlah komunitas pesepada santai. (sam)

Dibaca : 1387x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan