Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Kodim 0813 Bojonegoro Gelar UTP

Editor: nugraha
Kamis, 26 Februari 2015
SuaraBanyuurip.com/Samian
LATIHAN : Personil Kodim 0813 Bojonegoro sedang mengikuti latihan menembak di lapangan tembak Desa Banjarsari.

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Belum lama ini, Komando Distrik Militer (Kodim) 0813, Bojonegoro, Jawa-Timur telah menggelar Kegiatan Uji Keterampilan Perorangan (UTP). Hal ini merupakan kegiatan secara terprogram dari Komando Atas Khususnya di lingkungan Komando Kewilayahan masing-masing, dan wajib dilakukan oleh Prajurit TNI.

Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro, Letkol Arh Sjahrir Rijadi, mengatakan, latihan ketrampilan ini merupakan kegiatan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Tetapi bukan berarti latihan hanya bersifat seremonial semata, meskipun tahap latihan untuk menguji keterampilan dari materi yang diperoleh sebelumnya.

Dia mencontohkan, seperti Latihan Dasar Perorangan(LATOR) yang di dapat sebelumya. Sehingga pada akhirnya nanti hasil yang di capai dapat digunakan sebagai acuan bahan evaluasi dan untuk dipergunakan penyempurnaan dalam latihan yang akan datang.

"Hukumnya wajib bagi setiap prajurit TNI untuk terus mengasah kemampuan dan keterampilannya dalam kegiatan latihan perorangan yang tentunya sesuai buku petunjuk BPUP 1 sampai dengan 7 dari Komando atas. Karena, kegiatan ini telah di tetapkan dalam program kerja," kata Sjahrir Rijadi melalui siaran persnya kepada suarabanyuurip.com, Kamis (26/2/2015).

Dalam kegiatan UTP Umum, kata Sjahrir Rijadi, sebelumnya juga sudah diselenggarakan, dan LATOR terlebih dahulu oleh Pasi Ops Kapten  inf Karim bersama Bati Ops Pelda Supriyadi di Makodim 0813 setempat. Kemudian, kegiatan dilanjutkan yang pelaksanaannya dipusatkan di Lapangan Tembak Kali Kethek, Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk, Bojonegoro, Jawa-Timur, selasa (24/2/2015).

"Kegiatan Latihan ini diikuti oleh seluruh Prajurit Bintara dan Tamtama. Sedangkan sebagai penguji materi UTP Umum adalah Para Perwira jajaran Kodim 0813 yang materi dibuat dari Staf Ops untuk pertanggung jawaban laporan ke Komando Atas Hal ini Danrem 082/CPYJ," tandasnya.

Orang nomor satu dijajaran Kodim 0813 / Bojonegoro, menegaskan, bagi semua prajurit harus sungguh – sungguh, dengan kemampuan yang dimiliki. Lain itu, selama pelaksanaan kegiatan latihan juga harus mengutamakan fakor keamanan dari tiap – tiap personil,

"Faktor keamanan tetap menjadi prioritas utama dan harus tetap dijaga. Sehingga pada akhir latihan mendapat hasil yang maksimal, dan dalam kondisi tertib, lancar dan aman," pesannya saat membuka langsung latihan di lapangan tembak kali kethek beberapa waktu.

Adapun materi latihan yang harus di laksanakan oleh prajurit selain materi dasar Prajurit, seperti di Pos 1 dan 2 Oleh Kapten Inf Heri bersama Kapten Samidi melaksanakan pengetahuan senjata M.16 A1 dan Ilmu Medan / Navrat. Untuk Pos 3 dan 4 oleh Kapten Suko bersama Peltu Probo tentang Teknik Tempur Dasar (Nikpursar), 5 Puan Ter, Binwanwil, Binkomsos dan Ke Tatalaksanaan Binter serta materi dasar yang lain.

"Selain latihannya sesuai dengan BPUP 1 sampai 7 juga dilatih cara mengatisipasi bila terjadi bahaya Bencana Alam di Wilayahnya, tentunya di aplikasikan di Lapangan nantinya," pungkas Dandim.(sam)

Dibaca : 882x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan