Senin, 19 Agustus 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Komisi A Sebut Pelayanan Publik Adminduk Memprihatinkan

Editor: samian
Senin, 11 Februari 2019
Ririn Wedia
BERJUBEL : Antrean masyarakat hingga menjubel untuk mendapatkan layanan di Dispendukcapil.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengungkapkan, hingga saat ini, pelayanan administrasi kependudukan atau adminduk di Mall Pelayanan Publik jalan Veteran Bojonegoro, masih memprihatinkan.

Adminduk yang dimaksud diantaranya Kartu Tanda Penduduk, Kartu Identitas Anak, dan Kartu Keluarga.

"Pelayanan publik itu, sebenarnya harus diberikan secara baik," kata Wakil Ketua Komisi A, Anam Warsito, kepada Suarabanyuurip.com, Minggu (10/2/2019).

Karena paradigma pemerintah adalah pelayanan masyarakat, sehingga pelayanan adminduk di mall pelayanan harus diperbaiki karena sangat memprihatinkan dan jauh dari pelayanan prima yang sedang digalakkan oleh pemerintah.

"Mestinya aspek pelayanan itu dimulai dari ruang tunggu yang nyaman, kemudian fasilitas antrean yang jelas sehingga masyarakat tidak saling serobot," tukasnya.

Kemudian, persyaratan diumumkan dengan jelas sehingga warga yang mengurus adminduk tidak bolak balik. Waktu jadinya adminduk juga harus jelas, pelayanannya berapa lama disebutkan.

"Sementara, saya melihat tempat untuk mengantre sempit dan sangat panas sekali. Ini sangat tidak manusiawi," lanjut politisi asal Partai Gerindra.

Pihaknya mengingatkan agar petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil harus ramah dalam melayani masyarakat. Memberikan tempat yang nyaman, dan kejelasan proses adminduk.

Anam mencontohkan, di Kabupaten lain adminduk berjalan dengan baik dan maksimal, karena  masyarakatnya dilayani dengan prima. Yakni, dengan cara semua berkas ditinggal oleh pengurus adminduk dan bisa ditinggal. Setelah jadi, petugas dari Dispendukcapil mengantarkan sampai ke rumah.

"Disini malah kebalikannya, berantakan semua. Sudah warganya bolak balik ngurus, jadinya juga tidak jelas ada yang tiga hari, ada yang satu bulan," pungkasnya.

Sebelumnya Plt Kepala Dispendukcapil, M Khosim, mengaku, pihaknya akan melakukan pembenahan untuk meningkatkan pelayanan masyrakat dalam mengurus adminduk.

"Kita akan berbenah," pungkasnya.(rien)

Dibaca : 669x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan