Selasa, 21 Mei 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Komisi VII Dukung TNI Amankan Sumur Tua

Editor: nugraha
Sabtu, 14 Maret 2015
SuaraBanyuurip.com
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Setya Yuda.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro – Komisi VII DPR RI mendukung langkah Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang akan menertibkan penambangan illegal sumur minyak tua di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang telah mengakibatkan kerusakan alam, pencemaran lingkungan dan pelanggaran hukum lainnya.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Satya Widya Yudha, mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya langkah TNI dalam menyelamatkan kekayaan negara yang tidak berlandaskan hukum. Sehingga semua kegiatan yang tidak berlandaskan hukum ini harus ditertibkan.

“Yang dirugikan adalah masyarakat Bojonegoro sendiri, karena tidak bisa menikmati langsung kekayaan alam yang seharusnya menjadi hak mereka sepenuhnya,” ujarnya saat berada di sumur tua Wonocolo, Kecamatan Kedewan bersama Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Jum'at (13/3/2015).

Politisi Partai Golkar ini menyebutkan, apabila illegal drilling dihentikan dan menata kembali pengelolaan sumur tua dengan baik, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang didapatkan Bojonegoro akan lebih tinggi.

“PAD yang dimaksud ya dari retribusi pajak industri yang selama ini tidak terdata,” lanjutnya.

Selain itu, lanjut Setya Yuda, dalam pengelolaan sumur tua yang baik harus ada keikutsertaan masyarakat lokal dalam melakukan penambangan tradisional disni. Juga, bagaimana pemberian program Corporate Sosial Responsibility mulai ditingkatkan.

“Selama ini kan tidak bisa seperti itu, karena para investor nakal hanya datang dan pergi begitu saja,” tandasnya.

Setya Yuda mengakui, berkali-kali datang ke lokasi sumur tua baik di Kecamatan Kedewan dan Malo. Hasilnya ditemukan banyak investor luar yang menjalankan bisnis ilegalnya di sumur tua. Hal ini menimbulkan keprihatinan sendiri.

“Oleh sebab itu, saya harus melindungi kepentingan rakyat khususnya di Bojonegoro ini,” tegasnya.(rien)

Dibaca : 993x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan