Rabu, 24 Oktober 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Kontrak JOB P-PEJ di Blok Tuban Diperpanjang

Editor: samian
Senin, 26 Februari 2018
Ali Imron
Field Administration Superintendent JOB P-PEJ, Akbar Pradima.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Operator Blok Tuban, Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ), kontraknya diperpanjang hingga enam bulan sejak kontrak berakhir pada 28 Februari 2018 mendatang. Perpanjangan sementara oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut, sambil menunggu PT Pertamina (Persero) yang ditugaskan pemerintah menyelesaikan syarat dan ketentuan yang ada di kontrak baru.

"Iya, kontraknya diperpanjang sementara," ujar Field Admin Superintendent (FAS) JOB P-PEJ, Akbar Pradima, melalui pesan singkat yang diterima suarabanyuurip.com, Senin (26/2/2018).

Akbar menjelaskan, kabar perpanjangan itu telah disampaikan ke pimpinan Jakarta oleh Pemerintah Pusat waktu lalu. Adapun pertimbangan waktu enam bulan, itu karena karakteristik industri hulu migas yang membutuhkan kontrak jangka panjang.

Apabila Pertamina sudah mengajukan syarat dan ketentuan di kontrak baru, mereka tidak harus menunggu kontrak berakhir enam bulan. Mereka bisa langsung menandatangani kontrak baru.

Perpanjangan kontrak sementara ini, masih menggunakan skema bagi hasil yang menggunakan cost recovery (pengembalian biaya operasional). Diharapkan kontraktor eksisting tetap berinvestasi, sehingga bisa menjaga produksi tidak turun.

Kontrak Blok Tuban juga pertama kali diteken pada 29 Februari 1988, lokasinya berada di daratan (onshore) Jawa Timur. Di blok ini, Pertamina dan PetroChina membentuk badan operasi bersama bernama Joint Operating Body Pertamina PetroChina East Java (JOB P-PEJ).

Dikonfirmasi perihal perpanjangan kontrak sementara di Blok Tuban, Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Industri Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusa), Ali Masyhar, maupun Humas SKK Migas Jabanusa, Doni Aryanto, belum memberikan keterangan detail. Dua kali panggilan, maupun pesan singkat yang dikirimkan sejak pukul 14:30 WIB belum direspon.(Aim)

Dibaca : 581x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan