Senin, 25 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Kopwan Amalia Beromset Rp2,3 M

Editor: nugroho
Sabtu, 28 Juni 2014
totok martono
TINJAU : Bupati Fadeli bersama istri saat melihat salah satu kerajinan Kopwan Amalia.

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan- Salah satu koperasi wanita (Kopwan) di Lamongan ternyata memiliki kinerja yang baik sehingga menjadi rujukan bagi Kopwan lain di Jawa Timur. Koperasi itu adalah Kopwan Amalia Desa Kandangrejo, Kecamatan Kedungpring yang memiliki aset hingga mencapai Rp 2,3 miliar.

“Secara umum, kelembagaan Kopwan di  Lamongan diakui oleh Pemprov Jatim dan menjadi yang terbaik di Jawa Timur. Bahkan ada salah satu kopwan yang sangat maju dan menjadi rujukan kopwan se-Jawa Timur. Yaitu Koperasi Wanita Amalia Desa Kandangrejo Kecamatan Kedungpring yang asetnya mencapai Rp. 2,3 miliar,“ ungkap Plt Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) Setyo Basuki kemarin.

Ditambahkan, untuk mendorong pertumbuhan dan kemajuan koperasi, pihaknya terus melakukan berbagai upaya. Antara lain dengan memberikan pelatihan pada pengurus dan pengelola koperasi serta memberikan kemudahan dengan membebaskan biaya pengurusan perijinan melalui pengurusan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) grati

Dia kemudian menyebutkan koperasi di Lamongan 1.070 unit usaha dengan jumlah anggota mencapai 154.999 orang. Kemudian dari seluruh koperasi tersebut, omsetnya mencapai Rp. 973.546.661.000, dan sisa hasil usaha (SHU) mencapai Rp. 13.685.481.00.

Sedangkan khusus koperasi wanita, sebanyak 474 kopwan yang anggotanya mencapai 30.000 orang, total aset yang dikelola mencapai hampir Rp. 24 miliar. “Atas berbagai upaya terobosan dan kemajuan dunia koperasi ini, Bapak Bupati (Fadeli) tahun lalu memperoleh penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi dari Presiden RI saat peringatan Hari Koperasi ke-66 tahun 2013," ujar dia.

Sementara itu, peringatan Hari Koperasi ke-67 yang bisaanya jatuh pada 12 Juli, diperingati lebih dini di Lamongan. Yakni pada 24 Juni lalu di Desa Dumpiagung, Kecamatan Kembangbahu.  Selain itu, lokasi pelaksanaann yang biasanya di Alun-alun Kota Lamongan, kini digeser ke daerah pinggiran.

"Ini kita lakukan agar koperasi lebih merakyat sesuai visinya mensejahterakan masyarakat," ujar Bupati Lamongan, Fadeli.(tok)

Dibaca : 1416x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan