Sabtu, 18 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

KPAB Tirto Panguripan Rawat Rutin Air Bersih Perdesaan

Editor: nugroho
Rabu, 04 Januari 2012

SuaraBanyuurip.com - Winarto

Guna memberi rasa nyaman pemanfaat air bersih, Kelompok Pengelola Air Bersih (KPAB) “Tirto Panguripan” Desa Begadon, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, rutin melakukan perawatan pompa air.

“Setiap tiga bulan sekali ini (pompa air) kita birsihkan dari endapan pasir, seperti yang dilakukan hari ini,” kata Sodikin Ketua KPAB Tirto Panguripan, Rabu (4/1/2012).

Dijelaskan, perawatan yang dilakukan tidak hanya pada mesin pompa. Melainkan jaringan pipa juga dilakukan pengecekan setiap bulannya untuk menghindari kebocoran akibat putus karena kondisi tanah gerak.

“Dengan perawatan rutin fasilitas ini dapat dimanfaatkan terus menerus. Karena ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat,” tutur dia.

Sampai saat ini, lanjut Solikin, jumlah pemanfaat program air bersih perdesaan dari Operator Blok Cepu, Mobil Cepu Limited (MCL), di Desa Begadon telah mencapai sebanyak 254 kepala keluarga (KK). Bahkan dalam minggu kedua bulan Janurai ini ada tambahan sebanyak 10 KK.

“Sejak adanya program ini warga sini tidak lagi kesulitan air meski musim kemarau,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, anggota tim KPAB Tirto Panguripan akan selalu merawat serta menjaga fasilitas air bersih perdesaan tersebut agar nantinya bisa dinikmati secara berkelanjutan.

“Program air bersih ini juga telah mampu meningkatkan derajat kesehatan  masyarakat karena mereka menyadari betapa pentingnya air bersih untuk kesehatan,”pungkasnya

Perlu diketahui, program air bersih perdesaan ini telah digulirkan MCL disejumlah desa sekitar pemboran Migas Banyuurip – Jambaran Blok Cepu di Kabupaten Bojonegoro Jatim dan Blora, Jateng.

Dibaca : 1299x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan